Demo Pengungsi Afghanistan di Tanjungpinang Dibubarkan Polisi

Selasa, 20 September 2022 - 16:03 WIB
Demo ratusan pengungsi asal Afghanistan di di depan Kantor Perwakilan Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi atau UNHCR di Kota Tanjungpinang , dibubarkan paksa polisi. Foto/iNews TV/Humala Nasution
TANJUNGPINANG - Ratusan pengungsi Afghanistan menggelar aksi demonstrasi di depan Kantor Perwakilan Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi atau UNHCR di Kota Tanjungpinang, Kepri. Aksi tersebut dibubarkan paksa oleh aparat kepolisian.



Upaya pembubaran paksa ini terpaksa dilakukan polisi, setelah beberapa kali peringatan membubarkan diri tidak diindahkan. Bahkan, para pengungsi Afghanistan ini memaksa menginap di depan kantor UNHCR, dengan mendirikan tenda.

Sejumlah pengungsi Afghanistan yang memaksa bertahan di depan kantor tersebut, langsung digotong paksa oleh polisi dibantu anggota Satpol PP, untuk dimasukkan ke dalam bus. Mereka akhirnya diangkut kembali ke tempat penampungan sementara di Bhadra Hotel.





Demonstrasi tersebut digelar para pengungsi Afghanistan pada Senin (19/9/2022) sore, pukul 15.00 WIB, dan baru berakhir setelah dilakukan pembubaran paksa pada pukul 23.30 WIB. "Mereka sudah menutup akses jalan, sehingga mengganggu kegiatan masyarakat," tegas Kapolresta Tanjungpinang, Kombes Po. Heribertus Ompusunggu.



Aksi demonstrasi para pengungsi Afghanistan ini, juga sangat meresahkan masyarakat, karena digelar hingga tengah malam. Mereka akhirnya berhasil dibawa ke tempat penampungan sementara, dengan menumpang 10 bus.



Para pengungsi Afghanistan tersebut, melakukan aksi demonstrasi menuntut UNHCR segera memindahkan mereka ke negara ke tiga. Namun hingga saat ini tuntutan para pengungsi Afghanistan ini belum mendapat tanggapan dari pihak terkait.
(eyt)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More