10 Hari Jelang Keberangkatan, PPIH Minta Jamah Calon Haji Jaga Kesehatan

Kamis, 23 Juni 2022 - 07:05 WIB
Kloter terakhir jamaah calon haji Embarkasi Surabaya, akan diterbangkan menuju Arab Saudi, pada Sabtu (2/7/2022) pukul 21.15 WIB. Foto/Ilustrasi
SURABAYA - Kelompok terbang (kloter) terakhir jamaah calon haji Embarkasi Surabaya, akan diterbangkan menuju Arab Saudi, pada Sabtu (2/7/2022) pukul 21.15 WIB. Jelang keberangkatan, para jamaah calon haji diminta untuk menjaga kesehatan.



Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya, Husnul Maram mengatakan, tinggal 10 hari lagi menjelang akhir pemberangkatan jamaah calon haji Embarkasi Surabaya.

"Sekarang kita sudah masuk hari terakhir sebelum keberangkatan. Kalau sudah masa terakhir ada yang sakit, sangat riskan bagi jamaah calon haji. Kita berharap tidak ada jamaah calon haji yang gagal berangkat dikarenakan sakit," ujar Maram.





Untuk itu, Maram mengimbau kepada jamaah calon haji yang masih berada di tanah air untuk menjaga kondisi kesehatannya sebaik mungkin. "Belajar dari jamaah calon haji sebelumnya, Kabupaten Situbondo misalnya, ditemukan empat jamaah calon haji yang hasil PCR nya positif COVID-19. Kami mengimbau, para jamaah calon haji untuk membatasi interaksi dan menjaga kondisi. Sehingga ketika berangkat semua jamaah calon haji dalam kondisi fit," terangnya.

Berdasarkan data dari Pengumpulan dan Pengolahan Data (Pulahta) PPIH Embarkasi Surabaya, jumlah jamaah calon haji yang positif COVID-19 hingga kloter ke-26 sebanyak delapan orang. Dari jumlah tersebut, empat jamaah calon haji sudah negatif hasil PCR nya, sedangkan jamaah calon haji dari Situbondo, masih menunggu waktu untuk dites PCR.



Hingga Rabu (22/6/2022), PPIH Embarkasi Surabaya telah memberangkatkan 26 kloter dengan jumlah sebanyak 11.638 jamaah calon haji. Adapun dua jamaah calon haji yang sempat dirawat di RSU Haji, kondisinya kini telah pulih. Hasil tes PCR kedua jamaah calon haji tersebut juga negatif, sehingga sudah bisa diberangkatkan ke tanah suci.

"Alhamdulillah, dua jamaah calon haji yang kemarin dirawat di RS Haji Sukolilo sekarang sudah sehat. Satu orang dari kloter 22 asal Kabupaten Sidoarjo, akan diberangkatkan besok bergabung dengan kloter 27. Sedangkan satunya lagi, jamaah calon haji kloter 17 asal Kabupaten Pasuruan, bersama pendampingnya akan berangkat bersama dengan kloter 30 nanti," tandasnya.
(eyt)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More