Kisah Wali Pitu, Penyebar Islam Pertama di Bali

Minggu, 26 April 2020 - 05:00 WIB
Keberadaan umat muslim di Bali tak lepas dari peran dakwah yang dilakukan oleh wali pitu di Bali. Peran wali pitu tak ubahnya seperti wali songo di Jawa. Foto/Ist
Islam memang bukan agama mayoritas di Bali. Meski begitu, penganut agama Islam di Bali cukup banyak, mencapai kurang lebih 500.000 orang.

Keberadaan muslim yang begitu banyak di sini, tak lepas dari peran dakwah yang dilakukan oleh anggota wali pitu di Bali. Ya, peran wali pitu di Pulau Bali tak ubahnya seperti wali songo di Pulau Jawa.



Saat ini, makam wali pitu pun menjadi destinasi wisata religi yang cukup banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Kedatangan Agama Islam di Bali juga sudah terhitung sangat lama. Menurut catatan sejarah, Raja Gelgel pertama, yakni Dalem Ketut Ngelesir pernah melakukan perjalanan ke Majapahit. Ketika kembali ke Bali, dia disertai dengan kedatangan 40 orang pengiring, yang dua di antaranya bernama Raden Modin dan Kiai Abdul Jalil yang beragama Islam. Keduanya bertugas sebagai abdi dalem di Kerajaan Gelgel.





Setelah itu, peran dalam menyebarkan Agama Islam di Bali dilakukan oleh wali pitu di Bali. Wali pitu ini terdiri dari 7 orang yang memiliki asal-usul berbeda. Keberadaan wali pitu sebagai sosok penyebar agama Islam di Bali ditandai dengan keberadaan 7 makam keramat yang saat ini begitu sering dikunjungi oleh wisatawan muslim yang ingin berziarah.

Lalu, siapa saja tokoh penyebar Agama Islam yang disebut sebagai wali pitu di Bali? Berikut ini adalah daftar lengkapnya:

1. Wali Seseh Mengwi
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More