Semburan Lumpur Mirip Lapindo di Perbatasan NTT-Timor Leste Viral di Medsos, Warga Panik

Rabu, 08 Juni 2022 - 14:55 WIB
Cuplikan video amatir semburan lumpur mirip lumpur Lapindo viral di media sosial (medsos) dan beredar luas di masyarakat desa Napan di perbatasan NTT dan Timor Leste. Foto tangkapan layar
KEFAMENANU - Cuplikan video amatir semburan lumpur mirip lumpur Lapindo viral di media sosial (medsos) dan beredar luas di masyarakat desa Napan di perbatasan NTT dan Timor Leste. Semburan lumpur setinggi belasan meter itu sempat membuat panik warga Desa Napan, Kecamatan Bikomi Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), NTT.

Warga Desa Napan takut luapan lumpur terus mengalir hingga menerjang permukiman mereka. Camat Bikomi Utara, Simon Monemnasi membenarkan fenomena alam tersebut. Namun dia menegaskan bahwa semburan itu bukan terjadi di wilayah Indonesia tetapi di wilayah Timor Leste yang berada pada jarak 100 meter dari kantor camat.

Video tersebut direkam oleh anak-anak Timor Leste dekat tapal batas. “Itu rumah mereka tidak jauh kemudian mereka sebar ke kluarga mereka di Napan sini. Padahal kejadin di Timor Leste . Memang benar terjadi, tapi bukan di wilayah Indonesia,” ujar Simon, Rabu (8/2022).

Sedangkan di wilayah Indonesia, tak jauh dari kantor camat setempat terdapat empat titik semburan lumpur, namun sudah membentuk bukit kecil. “Meski kerap mengeluarkan bunyi gemuruh, namun luapan lumpur lebih sedikit,” pungkasnya.

Terkait fenomena alam yang terjadi di tapal batas Kabupaten TTU dengan distrik Oekusi Timor Leste, pihak TNI dan Polri mengimbau warga agar tidak panik serta tidak mendekat ke sumber sumburan tersebut.
(don)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More