Tingkatkan Kapasitas Kepemimpinan, Puluhan Pengurus Desa Wisata Diberi Pelatihan

Jum'at, 08 April 2022 - 23:13 WIB
Desa wisata di Tanah Air salah satu ujung tombak untuk menggerakkan ekonomi. Untuk itu, kapasitas dan kapabilitas para pengurus desa wisata perlu ditingkatkan guna memaksimalkan potensi yang ada.. Foto ilustrasi SINDOnews
JAKARTA - Desa wisata di Tanah Air salah satu ujung tombak untuk menggerakkan ekonomi. Untuk itu, kapasitas dan kapabilitas para pengurus desa wisata perlu ditingkatkan guna memaksimalkan potensi yang ada.

Menyadari pentingnya peran pengurus desa wisata, BCA menggelar pelatihan secara daring bertajuk 'Strategi Menjadi Pemimpin Efektif' pada Jumat (1/4/2022) lalu.

"Kegiatan ini hadir dilatarbelakangi oleh kesadaran bahwa pemimpin menjadi salah satu ujung tombak yang dimiliki desa untuk dapat mempertahankan eksistensi," kata EVP Corporate Social Responsibility BCA, Inge Setiawati dalam keterangan tertulisnya, Jumat (8/4/2022).

Lanjut Inge, pihaknya selalu memberikan pendampingan secara penuh kepada seluruh pengurus desa wisata untuk menggerakkan potensi dan produktifitas seluruh perangkat desa.

"Pelatihan ini akan melatih penyusunan strategi yang komprehensif untuk mendatangkan banyak wisatawan baru ke desa wisata. Terlebih saat ini wisatawan sudah mulai bisa mengunjungi berbagai tempat wisata tanpa adanya batasan yang ketat,” ujar Inge.



Pada pelatihan kali ini, lanjut Inge, pengurus desa wisata diajak untuk memahami berbagai materi seperti menyadari peran dan tanggung jawab pemimpin sebagai penggerak kompetensi dan karakter, memahami ciri dan karakter pemimpin yang ideal serta dampaknya terhadap anggota tim atau rekan kerja.

"Dari materi tersebut, seluruh para peserta pelatihan juga diajak untuk berdiskusi dengan anggota desa lainnya untuk mengkonsepkan strategi kegiatan di desa tersebut," pungkasnya. Baca juga: Gercep Kembangkan Desa Wisata, Bakal Ada Bantuan Pembiayaan untuk Usaha Homestay

Pengurus desa wisata juga diberi pemahaman terkait empat peran dan tanggung jawab yang meliputi perencanaan, pengaturan, pemantauan, dan pengarahan. “Pelatihan juga memotivasi pengurus desa untuk mengembangkan keterampilan bagi kemajuan desa tersebut," ungkapnya.

Inge berharap, dengan pelatihan dapat dibentuk karakter dan motivasi positif bagi seluruh insan desa wisata. "Semoga kian meningkatkan angka pariwisata di masing-masing desa wisata,” tutup Inge.
(don)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More