Jelang Pelantikan, Plt Gubernur Sulsel Tidak Lakukan Persiapan Khusus

Rabu, 09 Maret 2022 - 17:29 WIB
Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. Foto: Istimewa
MAKASSAR - Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman tidak melakukan persiapan khusus, jelang dilantik sebagai Gubernur Sulsel definitif oleh Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis (10/3/2022) besok.

Jelang pelantikan ini, sejumlah pejabat yang mendampingi Andi Sudirman dalam pengambilan sumpah jabatan di antaranya Ketua TP PKK Sulsel Naoemi Octarina, Sekretaris Provinsi Sulsel Abdul Hayat Gani, dan Ketua DPRD Provinsi Sulsel Andi Ina Kartika Sari.

Andi Sudirman menggantikan Nurdin Abdullah yang diberhentikan Presiden Joko Widodo karena tersandung kasus korupsi. Ia diamanahkan sebagai Plt Gubernur Sulsel tertanggal 1 Maret 2021 lalu.

Plt Kepala Biro Umum Setda Sulsel, Andi Darmawan Bintang mengatakan bahwa tak ada persiapan dan permintaan khusus dari Andi Sudirman Sulaiman jelang pelantikan sebagai gubernur definif.

"Semua biasa-biasa saja. Beliau kan sudah pernah dilantik, jadi biasa saja. Tidak ada yang secara khusus berkaitan dengan pelantikan," ucapnya, Rabu (9/3/2022).

Hal tak jauh berbeda turut disampaikan Kepala Bidang Humas Dinas Komunikasi dan Informatika Sulsel, Sultan Rakib. Kata dia, pihaknya tak banyak persiapan sebab seluruh rangkaian pelantikan dikoordinir oleh Kementerian Dalam Negeri.

"Sebenarnya kami tidak memiliki persiapan karena yang melantik itu domainnya ada di Kemendagri, dan secara teknis ada di Sekretariat Negara, yang atur di Istana. Secara otomatis bapak hanya datang dengan para undangan, selebihnya itu tidak ada," bebernya.

Pasca-dilantik, sambung Sultan Rakib, Andi Sudirman direncanakan akan memberikan pengarahan dan konsolidasi dengan jajaran organisasi perangkat daerah (OPD).

"Tentu ada akselerasi yang ingin ditingkatkan oleh bapak melalui para kepala OPD-nya sehingga itu kemungkinan besar setelah pelantikan akan ada brefing di Makassar dengan para kepala OPD," tuturnya.

Sejak Rabu (9/3/2022) sore, sejumlah karangan bunga ucapan selamat dari berbagai pihak mulai memadati pekarangan Rumah Jabatan Gubernur di Jalan Sungai Tangka.
(agn)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content