Bagi Kaum Hawa, Penting Kenali Gejala Kanker Payudara

Jum'at, 11 Februari 2022 - 22:33 WIB
"Lakukan hal ini saat Anda sedang mandi karena dapat memudahkan saat dilakukan penekanan dengan kondisi basah dan terkena sabun. Pemeriksaan lain juga dapat dilakukan dengan cara memencet puting payudara untuk memastikan apakah ada cairan yang keluar berupa darah atau berwarna kemerahan," urainya.

Deteksi pada bagian ketiak pun perlu dilakukan. "Lakukan pemeriksaan pada bagian ketiak apakah terdapat benjolan yang merupakan benjolan penyerta dari keganasan kanker pada payudara tersebut. Namun perlu diketahui juga bahwa setiap benjolan pada payudara bukan berarti kanker, benjolan pada payudara terbagi menjadi benjolan jinak, yang kebanyakan dialami pada usia muda ," tuturnya.

Mengenai benjolan ganas, tambah dokter, biasanya dialami pada wanita di atas usia 40 tahun. Walaupun masih ada juga ditemukan kasus terjadi pada usia di bawah 40 tahun."Jadi tidak perlu khawatir selama anda tetap melakukan pemeriksaan diri secara rutin pada payudara dengan cara-cara yang dipaparkan sebelumnya," pungkasnya.

Keganasan kanker pada payudara sangat erat hubungannya dengan paparan hormon estrogen yang dimulai pada wanita mengalami haid pertama kali. Wanita yang berisiko lebih tinggi mengalami kanker payudara adalah wanita yang tidak punya anak atau punya anak lebih dari umur 30 tahun, mengkonsumsi obat KB hormon dalam jangka lebih dari 5 tahun, memiliki keluarga dekat yang mengalami kanker payudara maupun kanker di organ lainnya.

Dokter mengingatkan, kanker payudara dapat juga terjadi pada pria namun kasusnya tidak sebanyak yang terjadi pada wanita, karena kelenjar payudara pada pria tidak banyak berkembang seperti pertumbuhan kelenjar payudara pada wanita. "Maka dari itu dapat kita simpulkan bahwa deteksi dini sadari merupakan langkah penting dalam memerangi keganasan pada payudara," imbuhnya.
(don)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More