Pasien Sembuh Ditulis Meninggal, Ini Kata Tim Satgas COVID-19 Denpasar

Selasa, 07 September 2021 - 14:58 WIB
Tim Satgas COVID-19 Denpasar, Bali angkat bicara soal kasus seorang pasien sembuh COVID-19 namun ditulis meninggal. Kasus itu disebut hanya kesalahan input data. Foto/Ilustrasi/Dok.SINDOnews
DENPASAR - Tim Satgas COVID-19 Denpasar, Bali angkat bicara soal kasus seorang pasien sembuh COVID-19 namun ditulis meninggal . Kasus itu disebut hanya kesalahan input data.

"Ada kesalahan dari petugas atau human error saat menginput data," kata juru bicara Satgas COVID-19 Denpasar I Dewa Gede Rai, Selasa (7/9/2021).

Dia memaparkan, kesalahan itu terjadi ketika petugas menginput data, Sabtu (4/9/2021). Namun karena sudah sore, perbaikan tidak bisa dilakukan hari itu juga.

Baca juga: Ada Kasus COVID-19 Fiktif di Denpasar, Pasien Sembuh Ditulis Meninggal

Keesokan harinya, Minggu (5/9/2021), perbaikan dilakukan. "Pasien yang tadinya ditulis meninggal sudah diganti. Jadi sudah clear, tidak usah diperpanjang," ujarnya.



Diberitakan sebelumnya, Ketut JG, pasien COVID-19 yang sudah sembuh dinyatakan meninggal dan diinput dalam data NAR (New All Record) Satgas COVID-19. Polisi masih menyelidiki kasus ini.

Baca juga: Kelihaian Gajah Mada Taklukan 2 Kerajaan Besar, Samudera Pasai dan Sunda

Terungkapnya kasus itu bermula dari petugas Babinkamtibmas yang menelepon perusahaan garmen tempat JG bekerja. Tujuannya mengkonfirmasi apakah JG meninggal karena COVID-19.

Pihak perusahaan lalu menghubungi keluarga JG. Pihak keluarga kaget dan mengkonfirmasi JG sudah sembuh dan masih beristirahat di kampungnya di Buleleng.

JG terpapar COVID-19 pada 24 Agustus 2021 lalu menjalani isolasi terpusat (isoter) di sebuah hotel di Kuta. Minggu (5/6/2021), JG dinyatakan sembuh dan pulang dari tempat isoter.
(shf)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More