Catat! Ini Tujuh Tips Khusus buat Para Penerima THR

Minggu, 17 Mei 2020 - 18:27 WIB
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
JAKARTA - Perancang Keuangan Eko Endarto mengatakan, ketika menerima THR , sebaiknya tetap dikelola dengan bijak. Jangan habiskan seluruh THR, namun sisihkan sebagian untuk ditabung sehingga tidak habis begitu saja.

"Secara umum, pengelolaan THR bisa disamakan dengan saat kita mengelola penghasilan tahunan seperti bonus akhir tahun," ujar Eko saat dihubungi SINDOnews di Jakarta, Sabtu (16/5/2020). ( Baca:Soal Utang untuk Corona, Indonesia Tidak Sendirian )

Eko kemudian memberikan tujuh tips agar penggunaan THR menjadi bijak dan tidak cepat habis. Berikut tujuh tips itu:

1. Buat perencanaan alokasi

Tetapkan alokasi dana THR yang Anda terima. Misalnya untuk ditabung, belanja keperluan Lebaran, THR untuk asisten rumah tangga, dan zakat. Sebaiknya, perencanaan ini dilakukan sebelum uang THR di tangan. Sehingga begitu cair, Anda bisa langsung membaginya ke dalam pos-pos tertentu, bukan langsung lenyap karena lebih dulu tergoda untuk membelanjakannya.



2. Sisihkan untuk ditabung

Sebelum mengalokasikan untuk berbagai keperluan di atas, Anda bisa menetapkan berapa besaran yang ingin Anda tabung. Misalnya, 10% atau 30% dari THR yang Anda terima akan disisihkan untuk menabung. Sisanya digunakan untuk berbagai keperluan hari raya.

3. Belanja seperlunya

Agar THR mencukupi dan tidak justru menguras tabungan, kendalikan keinginan Anda untuk berbelanja berbagai kebutuhan yang tidak mendesak. Misalnya, tidak menggunakan dana THR untuk memperbarui peralatan elektronik atau gadget, seperti beli smartphone terkini hanya karena tidak mau ketinggalan tren.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More