Pasangan Bang Ozan-Mario Lawalata Unggul di Pilkada Maluku Tengah

Senin, 28 Oktober 2024 - 07:14 WIB
Indopol Survey merilis Elektabilitas Calon Bupati-wakil Bupati Maluku Tengah menunjukkan jika pasangan nomor urut 4 diunggulkan. Foto/IST
MALUKU TENGAH - Indonesia Political Survey & Consulting (Indopol Survey) merilis dinamika politik “Elektabilitas Calon Bupati-wakil Bupati Maluku Tengah”. Hasil survei menunjukkan jika di Pilkada Kabupaten Maluku Tengah pasangan nomor urut 4 diunggulkan.

“Pasangan Zulkarnaein Awat Amir biasa disapa Bang Ozan dan Mario Lawalata memimpin dengan perolehan sebesar 39,25 persen,” tulis Indopol Survey dalam keterangan tertulisnya kepada SINDOnews, Senin (28/10/2024).

Posisi kedua pasangan Andi Munaswir - Tika Welma Tetelepta memperoleh elektabilitas sebesar 24,25 persen, posisi ketigapasangan Mirati Dewaningsih - Daniel Wendy Nirahua memperoleh elektabilitas sebesar 18,75 persen.





Serta posisi keempat pasangan Ibrahim Rohunusa - Liliane Aitonammemperoleh elektabilitas sebesar 14,0 persen. Sementara itu, terdapat 3,75 persen masyarakat yang belum menentukan atau masih merahasiakan pilihannya.

Hal itu disampaikan Ratno Sulistiyanto selaku Direktur Eksekutif Indopol Survey. Menurutnya, kondisi politik pilkada Maluku Tengah bulan pada Oktober akhir ini sudah mulai beranjak pada maksimal.

Hal ini ditunjukkan responden yang belum menentukan pilihan atau merahasikan pilihannya sudah mengecil yakni 3.75 persen.

“Ditambah lagi responden yang sudah yakin atas pilihannya cukup besar yakni 72.0 persen. Namun tentu dinamika politik electoral ini masih mungkin bisa berubah jika ada pasangan calon yang melakukan gerakan politik yang signifikan dan luar biasa,” jelasnya.

Berdasarkan hasil survei tersebut, pertimbangan utama masyarakat Maluku dalam memilih pasangan calon bupati-wakil bupati adalah karena dekat dengan rakyat, sering turun (tatap muka) mencapai 47.25 persen.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content