2 Mantan Kapolda Lampung Ditunjuk Presiden Prabowo Jadi Wamen, Siapa Saja?

Senin, 21 Oktober 2024 - 13:00 WIB
Dua mantan Kapolda Lampung Komjen Pol (Purn) Purwadi Arianto dan Komjen Pol (Purn) Suntana bakal dilantik sebagai Wakil Menteri Kabinet Merah Putih. Foto/IST
LAMPUNG - Dua mantan Kapolda Lampung Komjen Pol (Purn) Purwadi Arianto dan Komjen Pol (Purn) Suntana bakal dilantik sebagai Wakil Menteri dalam kabinet merah putih pemerintahan Presiden Prabowo Subianto, Senin (21/10/2024).

Keduanya akan memegang peran strategis dalam pemerintahan, dengan Purwadi Arianto dipercaya sebagai Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), sementara Suntana menjabat sebagai Wakil Menteri Perhubungan.

Dua Jenderal Polisi Mantan Kapolda Lampung

1. Komjen Pol (Purn) Purwadi Arianto





Komjen Pol (Purn) Purwadi Arianto dikenal sebagai Kapolda Lampung dengan masa jabatan terlama, memimpin Polda Lampung dari 2018 hingga Maret 2021. Setelah mengakhiri tugas di Lampung, ia menjabat sebagai Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Kalemdiklat) Polri.



Lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1988 ini memiliki rekam jejak panjang di bidang reserse dan pernah menjabat sebagai Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum (Wadir Reskrimum) di Polda Metro Jaya pada 2007, penyidik di Bareskrim Polri pada 2008.

Kariernya semakin bersinar saat menjadi Direktur Reserse Kriminal Umum di Polda Maluku Utara, Kalimantan Barat, dan Jawa Tengah antara 2010 hingga 2013. Sebelum menjabat Kalemdiklat, ia menjadi Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional.

2. Komjen Pol (Purn) Suntana



Komjen Pol (Purn) Suntana, lulusan Akpol 1989, menjabat Kapolda Lampung pada 2018 sebelum kemudian diangkat menjadi Wakabaintelkam Polri di tahun yang sama.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content