Berdayakan Mustahik, Baznas RI Resmikan ZCoffee di UIN Sunan Kalijaga

Rabu, 09 Oktober 2024 - 21:11 WIB
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI meresmikan program ZCoffee di UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Selasa (8/10/2024).
YOGYAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI meresmikan program ZCoffee di UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Selasa (8/10/2024).

ZCoffee merupakan usaha minuman kopi kekinian yang mengedepankan pemberdayaan, mulai dari biji kopi yang diambil dari petani kopi sampai kepada penggilingan kopi dan barista yang semua peran dilakukan oleh mustahik binaan Baznas.

Turut hadir dalam peresmian ZCoffee tersebut Ketua BAZNAS RI Prof. Noor Achmad, Pimpinan Baznas RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan, serta Wakil Rektor II UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Mochamad Sodik beserta jajaran.



"Alhamdulillah kita luncurkan bersama-sama ZCoffee di UIN Sunan kalijaga Yogyakarta. Program ini menjadi salah satu upaya Baznas dalam meningkatkan pendapatan petani kopi serta mengatasi kemiskinan dan pengangguran dengan menyediakan lapangan kerja baru," ujar Kyai Noor Achmad.

Menurut Kiai Noor, ekosistem pemberdayaan mustahik Baznas telah berjalan sejak hulu hingga hilir. Ia mencontohkan biji kopi yang digunakan di kedai ZCoffee adalah hasil dari para petani binaan Baznas.

"ZCoffee ini dikelola oleh santripreuner, santrinya bisa dari UIN sendiri. Tetapi basic-nya bagaimana santri itu punya usaha. ZCoffee seluruhnya dikelola oleh penerima manfaat. Semua keuntungan tidak akan masuk ke Baznas tapi terus dikelola oleh para mustahik," ucapnya.

Kiai Noor berharap ZCoffee dapat dikelola dengan baik dan profesional sehingga ke depan dapat terus berkembang di seluruh kampus di Indonesia.

Sementara itu, Wakil Rektor II UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Mochamad Sodik menyampaikan terima kasih kepada Baznas atas bantuan program ZCoffee yang diberikan.

"Kami UIN Sunan Kalijaga menyampaikan apresiasi yang sangat luar biasa kepada Baznas atas program ZCoffee. Mudah-mudahan ini laku keras nantinya. Terima kasih sekali lagi dan selamat untuk ZCoffee mudah-mudahan sukses dan juga berkah bagi banyak orang," ujarnya.

Hingga tahun 2024, ZCoffee telah memiliki 18 outlet, dua roastery yang tersebar di delapan kota, dan empat provinsi di Indonesia. Beberapa lokasi utamanya antara lain Bogor, Jakarta, Surabaya, dan Mataram. ZCoffee juga mengoperasikan roastery di Bogor dan Mataram untuk menjamin kualitas kopi yang dihasilkan.
(ars)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content