Bangun Bak Air, Waskita Karya Tingkatkan Akses Air Bersih bagi Warga Desa Oenino

Selasa, 01 Oktober 2024 - 19:50 WIB
PT Waskita Karya Tbk melakukan sejumlah kegiatan TJSL di Desa Oenino, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang terletak dekat Bendungan Temef. Foto/istimewa
OENINO - Guna mengoptimalkan nilai sosial kepada masyarakat di sekitar lokasi pembangunan proyek, PT Waskita Karya (Persero) Tbk melakukan sejumlah kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) atau Corporate Social Responsibility (CSR) di Desa Oenino, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang terletak dekat Bendungan Temef. Perlu diketahui, bendungan tersebut telah digarap perseroan sejak 2018.

Kegiatan pertama yaitu pembangunan bak air untuk Desa Oenino. Pembangunan itu dilaksanakan sebagai bentuk partisipasi Waskita untuk memenuhi ketersediaan air bersih bagi warga di sana.



“Penyediaan air bersih penting bagi warga di Desa Oenino, karena NTT mempunyai curah hujan lebih rendah dibandingkan daerah lain. Kegiatan ini merupakan bagian dari inisiatif Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perseroan,” ujar Corporate Secretary Waskita Karya Ermy Puspa Yunita dalam keterangan resmi, Selasa (1/10/2024).

Perseroan, lanjutnya, turut membangun fasilitas umum dan rumah ibadah untuk masyarakat di desa tersebut. Di antaranya pembangunan lapangan voli serta mendukung pengecoran Gereja Oenino yang menjadi wujud partisipasi Waskita pada bidang sosial kemasyarakatan kawasan itu.

Tidak berhenti di situ, Waskita juga menggandeng fasilitas kesehatan di sana serta menggelar sosialisasi malaria dan pemeriksaan kesehatan atau Medical Check Up (MCU).

“Kegiatan ini sebagai bentuk mpeningkatan awareness masyarakat mengenai penyakit malaria, sekaligus cara untuk membentuk kepedulian masyarakat terhadap kondisi kesehatan diri sendiri,” tutur dia.

Kemudian bersama RSUD Soe, lanjutnya, perseroan mengadakan agenda donor darah. Diharapkan, kegiatan tersebut dapat membantu warga yang membutuhkan transfusi darah di sekitar Bendungan Temef.

Waskita pun ikut menjaga kelestarian lingkungan dan ekosistem di kawasan bendungan tersebut. Salah satunya melalui program pelepasan bibit ikan dan penanaman pohon kelapa.

“Waskita Karya berkomitmen untuk hadir di tengah masyarakat melalui berbagai program TJSL yang sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) yang fokus memberikan kontribusi positif,” jelas Ermy.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content