Dukung Program Prioritas Prabowo, Ahmad Ali-Aka Kejar 10 Ribu Usahawan Baru

Jum'at, 27 September 2024 - 12:41 WIB
Calon Wakil Gubernur Sulawesi Tengah nomor urut 1 Abdul Karim Aljufri (Aka) bersama Presiden Terpilih Prabowo Subianto. Foto/Ist
PALU - Calon Wakil Gubernur Sulawesi Tengah nomor urut 1 Abdul Karim Aljufri (Aka) mengatakan, salah satu tujuan menciptakan 10 ribu usahawan baru untuk terlibat aktif dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Posisi IKN yang relatif dekat dengan Sulteng, hanya 121 Kilometer melalui laut, membuat Aka dan Calon Gubernur Ahmad Ali sepakat memposisikannya sebagai pintu gerbang sekaligus penyangga IKN di Kalimantan.

Sulteng sebagai penyangga IKN nanti tidak hanya fokus di bidang pengembangan infrastruktur, sektor pangan, pertanian atau perkebunan, melainkan juga Sumber Daya Manusia (SDM).



“IKN jadi program prioritas presiden terpilih, sebagai kader yang ditugaskan bertarung di Pilkada Sulteng, Program IKN tentu juga jadi prioritas, salah satunya terkait pengembangan SDM, menciptakan 10 ribu wirausaha,” Ketua Regional Gerindra wilayah Sulawesi, Jumat (27/9/2024).

Berdasarkan informasi pemerintah pusat, kebutuhan sumber daya manusia untuk pembangunan IKN sangat besar. Diperkirakan hingga tahun 2045 akan terbuka lapangan kerja bagi 4,8 juta orang.

Kebutuhan tersebut dipenuhi baik dari Kaltim atau di luar daerah atau wilayah penyangga IKN.

Presiden terpilih Prabowo Subianto juga bakal menggelontorkan Rp15 triliun untuk pembangunan IKN di 2025. Hal itu diungkapkan oleh Wakil Menteri Keuangan II, Thomas Djiwandono.

“Peluang menciptakan pekerjaan atau wirausaha baru sebenarnya sudah tercipta sejak IKN dibangun, tinggal bagaimana pemerintah sulteng memaksimalkan potensi SDM nya untuk terlibat, salaha satunya menjadi pengusaha,” ucapnya.

“Baik itu di bidang transportasi laut, pendidikan, energi baru dan terbarukan, industri pertanian berkelanjutan, modern atau contract farming, agro industri,” kata Aka.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content