Terobos Palang Pintu, Truk Molen Semen Tertabrak Kereta Taksaka di Bantul

Rabu, 25 September 2024 - 11:10 WIB
Sebuah truk mixer semen (molen) hancur dihantam kereta api Taksaka karena menerobos palang pintu kereta api yang telah ditutup oleh petugas. Foto/Erfan Erlin
BANTUL - Sebuah truk mixer semen (molen) hancur dihantam Kereta ApiTaksaka karena menerobos palang pintu kereta api yang telah ditutup oleh petugas. Peristiwa itu terjadi Rabu (25/9/2024) dini hari tadi.

Kecelakaan Kereta Api Taksaka jurusan Gambir-Yogyakarta ditabrak truk mixer semen (molen) terjadi di perlintasan Palang pintu Gubug Argosari Sedayu Bantul Rabu (25/9/2024) dini hari tadi. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.



Kasi Humas Polres Bantul, AKP I Nengah Jeffry Prana Widgnya menuturkan kecelakaan kereta api dengan truk molen tersebut terjadi pada Rabu dini hari sekira pukul 03.45 WIB. Kereta api berjalan dari arah barat ke timur (Jakarta-Yogyakarta) sementara truk molen berjalan dari utara ke selatan.

"Saat kecelakaan palang pintu sudah tertutup. Kejadian diduga karena Pengemudi KBM Truck menebos palang pintu kereta," terang dia.

Awal mula kejadian penjaga palang pintu kereta ada sinyal kereta akan lewat. Seperti biasa, penjaga pintu bernama Choirul Anam warga Sorogaten Donomulyo Nanggulan Kulonprogo kemudian langsung menutup palang pintu.

Saat itu palang pintu perlintasan kereta api nyaris tertutup sempurna. Namun pada waktu bersamaan ada truk molen nomor polisi B 9240 JIQ yang dikemudikan oleh Suhatman warga Kauman 01/02 Jogoboyo Purwodadi Purworejo melaju dari arah utara ke selatan.

"Truk itu tidak mengurangi kecepatan. Sehingga tidak bisa berhenti," tambahnya.

Melihat hal tersebut, penjaga pintu meminta sopir untuk buru-buru menabrak palang pintu agar tidak terjadi kecelakaan. Dan sesaat kemudian petugas palang pintu berlari ke arah datangnya kereta memberi lampu isyarat bahaya kepada kereta yang lewat dari arah barat.

Namun karena jarak dekat terjadilah laka kereta yang dari arah barat kereta Taksaka jurusan Gambir-Yogyakarta dengan no loko CC2061378. Truk molen sempat terseret sekitar beberapa puluh meter hingga terlempar ke sisi rel.

"Truk molennya remuk dan lokomotif rusak," ucapnya.



Dengan adanya kejadian tersebut terdapat kerusakan pada kendaraan truk, gedung pos jaga palang pintu dan kendaraan sepeda motor penjaga palang pintu. Akibatnya pos jaga palang pintu dan peralatan palang pintu, truck, dan lokomotif mengalami kerusakan.
(kri)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content