Kementan Tunjuk Kabupaten Kapuas Jadi Tuan Rumah Peringatan Hari Pangan Sedunia

Jum'at, 20 September 2024 - 13:36 WIB
Hari Pangan Sedunia (HPS) yang jatuh pada 16 Oktober 2024 bakal digelar di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah. Foto/Istimewa
PALANGKARAYA - Dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia (HPS) yang akan jatuh pada 16 Oktober 2024, Indonesia sebagai anggota FAO turut serta menyelenggarakan kegiatan tersebut di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah.

Seperti diketahui Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman melihat situasi dunia dalam kondisi tidak menentu dengan sekitar 60 negara mengalami krisis pangan, kemudian 900 juta penduduk dunia terdampak krisis pangan tersebut.

”Jangan sampai krisis pangan ini singgah di republik yang kita cintai ini, Kita harus terus berupaya meningkatkan produksi pangan strategis. Hal ini tentunya perlu dukungan dari SDM pertanian yang memiliki potensi besar yang berasal dari usia produktif,” ujar Mentan.



Memastikan persiapan HPS berjalan lancar, Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar rapat koordinasi yang juga membahas program cetak sawah di wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng) di Hotel M Bahalap, Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Idha Widi Arsanti, menyampaikan harapan agar dari Kapuas, sebagai salah satu daerah strategis, pertanian Indonesia dapat terus berkembang.

“Semoga dari kota cantik ini, kita bisa bersama-sama membangun pertanian di Indonesia. Kita harus bersinergi dalam program cetak sawah, serta mengembangkan konsep yang mendukung tema 'Right to Food,” kata Idha, Jumat (20/9/2024).



“Hal tersebut bertujuan meningkatkan kesadaran akan pentingnya makanan bergizi, terjangkau, mudah diakses, aman, dan berkelanjutan untuk mencapai ketahanan pangan dan pola hidup sehat,” ujarnya.

Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian Bustanul Arifin menambahkan bahwa persiapan untuk Hari Pangan Sedunia dan program cetak sawah harus dilakukan dengan sebaik-baiknya. “Kami akan mendiskusikan bagaimana persiapan kegiatan cetak sawah,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala SMK-PP Negeri Banjarbaru Budi Sanriso, SST., M.Si. menyatakan bahwa SMK-PP sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Pertanian akan selalu mendukung program utama dari kementerian.

“Kami siap mendukung dan mensukseskan seluruh program dari Kementerian Pertanian, terutama yang berkaitan dengan petani, cetak sawah dan Hari Pangan Sedunia,” tutupnya.
(ams)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content