Pendaki Wanita Ini Nyaris Tewas usai Cedera Kaki di Gunung Bawakaraeng Gowa

Rabu, 18 September 2024 - 10:33 WIB
Salah seorang pendaki wanita mengalami cedera kaki di pos 8 saat mendaki di Gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Foto/Basarnas Makassar
GOWA - Salah seorang pendaki wanita mengalami cedera kaki di pos 8 saat mendaki di Gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Rabu (18/9/2024). Beruntungnya Echa (20) berhasil diselamatkan Tim SAR Makassar.

”Kami terima informasi dari salah satu pendaki atas nama Echa warga kota Parepare mengalami masalah kesehatan saat mendaki Gunung Bawakaraeng,” ujar Kepala Seksi Operasi dan Siaga Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Makassar, Andi Sultan.

Menurut informasi yang berjalan dari Posko Registrasi Bulubalea, bahwa pendaki tersebut saat ini masih berada di Pos 8 Gunung Bawakaraeng.

“Tim rescue dari Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Makassar langsung menuju ke Gunung Bawakaraeng untuk melakukan evakuasi dan penyelamatan,” ujarnya.



Dia menyebutkan, korban mengalami trouble di Gunung Bawakaraeng pada tanggal 18 September 2024 dan telah dievakuasi ke posko registrasi Bulubalea.

Sultan menuturkan bahwa Echa mendaki Gunung Bawakaraeng bersama enam orang rekannya dalam rangka liburan sejak hari Senin (16/9/2024).

Namun dalam perjalanan turun gunung, Selasa (17/9) malam. Echa mengalami kaki terkilir, namun masih dalam keadaan stabil dan harus dibopong oleh teman-temannya.

Namun karena tidak sanggup lagi maka satu temannya diutus untuk turun terlebih dahulu untuk kemudian melapor ke Posko Registrasi Bulubalea untuk meminta bantuan SAR.

“Proses evakuasi berlangsung dengan lancar walaupun kondisi tengah malam dengan penerangan. Namun, berkat kerja sama yang solid dengan rekan-rekan potensi lainnya, korban berhasil dibawa turun dalam keadaan selamat,” kata Andi Sultan.

Sultan mengucapkan pula terima kasih banyak atas bantuan dan kerja sama potensi SAR yang terlibat dalam evakuasi ini. ”Maka operasi SAR kami tutup dan seluruh unsur yang terlibat kami kembalikan ke satuannya masing-masing,” tandasnya.
(ams)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content