7 Jenderal Kelahiran Bandung yang Jabat Pangkostrad, 3 Nama Melesat Jadi KSAD

Selasa, 17 September 2024 - 08:23 WIB
Beberapa Pati TNI AD yang lahir di Bandung dalam karier militernya pernah menduduki jabatan Pangkostrad. Salah satunya adalah KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak. Foto/Puspen TNI AD
BANDUNG - Bandung , kota yang dikenal sebagai pusat budaya dan pendidikan juga menyumbang sejumlah tokoh penting dalam militer Indonesia. Beberapa Perwira Tinggi (Pati) TNI Angkatan Darat (AD) yang lahir di kota ini dalam karier militernya pernah menduduki jabatan Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) .

Dari 45 sosok yang pernah menduduki posisi Pangkostrad, tujuh di antaranya berasal dari Bandung. Prestasi mereka tidak hanya terbatas pada posisi strategis di Kostrad, tetapi juga meluas ke panggung nasional.



Tiga di antara mereka berhasil meraih pangkat jenderal bintang empat dan satu nama kini masih aktif menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). Sementara satu lainnya melesat ke puncak tertinggi dengan menduduki posisi Panglima TNI setelah sebelumnya menjabat sebagai KSAD.

Kostrad sebagai salah satu komando utama tempur di TNI AD memainkan peran krusial dalam struktur pertahanan negara. Jabatan Pangkostrad merupakan posisi strategis yang diemban oleh seorang jenderal berbintang tiga atau lebih, yang bertanggung jawab atas kesiapan dan operasi pasukan cadangan strategis.

Kepiawaian para jenderal kelahiran Bandung ini dalam menjalankan tugas-tugas strategis dan taktis telah mengukuhkan mereka sebagai figur-figur penting dalam sejarah militer Indonesia. Dengan latar belakang yang mengesankan ini, Bandung terus membanggakan sebagai sumber inspirasi dan pemimpin dalam dunia militer Indonesia, menunjukkan bahwa dari kota ini lahir sosok-sosok yang mampu memimpin dan berkontribusi besar dalam menjaga kedaulatan negara.

7 Jenderal Kelahiran Bandung yang Jabat Pangkostrad

1. Letjen TNI Mohamad Hasan



Mohamad Hasan merupakan putra kelahiran Bandung, Jawa Barat pada 13 Maret 1971 yang saat ini menjabat sebagai Pangskostrad. Dia mendapat promosi menjadi Pangkostrad pada 24 Juli 2024 menggantikan menggantikan Letjen TNI Muhammad Saleh Mustafa.

Hal itu tertuang dalam surat keputusan panglima TNI Nomor Kep/851/VII/2024 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI. Mohamad Hasan dimutasi Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dalam bagian 256 perwira tinggi (Pati) TNI.

Hasan merupakan lulusan Akademi Militer (1993) dari kecabangan Infanteri (Kopassus). Kariernya di militer cukup mentereng karena berhasil menduduki sejumlah posisi strategis.

Ketika diangkat menjadi Pangdam Iskandar Muda pada 9 Desember 2021, Hasan bahkan memecahkan rekor sebagai Pangdam termuda di Indonesia. Dia juga tercatat pernah menjadi pengawal Presiden Jokowi dengan jabatan sebagai Komandan Grup A Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Hasan cukup lama menjadi Paspampres, yakni sejak 5 Februari 2016 hingga 12 Januari 2018.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content