Miris! RSHS Bandung Terima Pasien 10-20 Anak Cuci Darah Setiap Bulan

Rabu, 31 Juli 2024 - 18:18 WIB
Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung menerima 10-15 pasien anak cuci darah setiap bulan. Foto/Agus Warsudi
BANDUNG - Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung menerima 10-15 pasien anak cuci darah setiap bulan. Anak-anak itu mengalami gangguan ginjal kronis akibat berbagai faktor.

Namun pihak RSHS mengklaim, tidak terjadi kenaikan dan penurunan dalam kasus tersebut. Tidak ada peningkatan atau penurunan untuk kasus anak dengan ginjal kronis dengan cuci darah rutin.

“Itu 10-20 anak per bulan," kata staf Divisi Nefrologi KSM Ilmu Kesehatan Anak RSHS Bandung dr Ahmedz Widiasta, Rabu (31/7/2024).



Ahmedz menyatakan beberapa pasien tersebut dirujuk ke rumah sakit daerah terdekat untuk menjalani cuci darah. Beberapa anak di antaranya menjalani cuci darah melalui perut di rumah.

Setiap bulan, ujar Ahmedz, RSHS Bandung menerima kasus baru 10 hingga 15 kasus baru gangguan ginjal akut atau kronis. Sementara itu, pasien yang berobat ke klinik nonhemodialisa mencapai 20 hingga 25 orang, dan di klinik cuci darah hanya 5 orang.

Terdapat anak yang menderita gangguan ginjal karena autoimun. Namun, dengan diobati secara benar, pasien dapat pulih dan tidak selamanya menjalani cuci darah. "Kami tidak tahu (penyebabnya). Banyak faktor," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Ahmedz mengimbau orang tua untuk memberikan menu gizi seimbang untuk anak. Selain itu anak-anak harus bergerak dan bersosialisasi, mengontrol tekanan darah dan penggunaan garam yang dibatasi.

"Monitoring gula darah sejak anak-anak. Air cukup dan monitoring fungsi ginjal," tutur Ahmedz.

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content