37 Hektare Lahan Terbakar di Rokan Hilir, Polisi Amankan 2 Pelaku

Senin, 29 Juli 2024 - 13:38 WIB
Kapolres Rohil, AKBP Isa Iman Syahroni memberikan keterangan pers terkait pembakaran lahan 37 hektare. Foto/Banda HT/MPI
ROKAN HILIR - Polres Rokan Hilir (Rohil), Riau, berhasil mengamankan dua orang terduga pelaku pembakaran lahan yang menyebabkan kebakaran seluas 37 hektare di wilayah yang dikenal sebagai Negeri Seribu Kubah tersebut.

Salah satu tersangka yang diamankan adalah MS alias Pak Lina. Penangkapan dilakukan oleh petugas di Jalan Kampung Aman RT. 012 / RW 003 Dusun 003, Kepenghuluan Sungai Bakau, Kecamatan Sinaboi, Kabupaten Rohil.

“Kemarin, kami berhasil mengamankan satu tersangka yakni MS karena diduga melakukan pembakaran lahan di Kepenghuluan Sungai Bakau, Kecamatan Sinaboi,” ungkap Kapolres Rohil, AKBP Isa Iman Syahroni, Senin (29/7/2024).

Kasus ini terungkap setelah pada Selasa, 23 Juli 2024, sekitar pukul 16.30 WIB, Tim Dasboard Lancang Kuning Polda Riau mendeteksi adanya titik hot spot di Kepenghuluan Sungai Bakau, Sinaboi. Petugas segera bergerak ke lokasi dan menemukan sekitar 2 hektare lahan yang terbakar. Setelah melakukan upaya pemadaman, petugas kemudian menyelidiki siapa pelaku pembakaran tersebut. Beberapa hari kemudian, MS berhasil ditangkap dengan barang bukti berupa potongan kayu dan parang yang digunakan untuk membakar lahan.



Sebelumnya, petugas juga telah mengamankan satu tersangka lain, yakni RS alias Opung Boy. RS diduga melakukan pembakaran lahan di Pulau Halang Kecil, Kepenghuluan Sei Panji-panji, Kecamatan Kubu. Ia ditangkap pada 24 Juli 2024 karena diduga sengaja membakar lahan.

Kapolres Isa Iman Syahroni menjelaskan, berdasarkan data rekapitulasi lahan yang dipadamkan dan dilakukan pendinginan oleh 6 Polsek, wilayah Polsek Tanah Putih terdapat 6 hektare, Polsek TPTM 2 hektare, Polsek Pujud 1,5 hektare, Polsek Kubu 6 hektare, Polsek Panipahan 20 hektare, dan di Polsek Bangko Pusako 2 hektare.

“Upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) telah kami tangani dengan bantuan dari TNI, BPBD, dan anggota kami dari Polsek serta Brimob yang terus melakukan upaya pendinginan dengan penyemprotan air di lokasi bekas terbakar,” tambahnya.
(hri)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content