KPU Sumut Ajak Penyandang Disabilitas Ikut Serta dalam Pilgub 2024

Minggu, 28 Juli 2024 - 21:33 WIB
KPU Sumut berharap penyandang disabilitas turut berpartisipasi dalam Pilgub Sumut 2024. Foto/Ist
MEDAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut) berharap penyandang disabilitas turut berpartisipasi dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Pilgub) 2024. Mereka memiliki hak yang sama dengan masyarakat lainnya untuk memberikan suara.

Menurut data Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilu 2024 yang dirilis pada Februari lalu, terdapat 34.897 penyandang disabilitas di Sumatera Utara yang memiliki hak pilih. Harapan agar mereka berpartisipasi disampaikan oleh Komisioner KPU Sumut, Sitori Mendrofa, saat melakukan sosialisasi peningkatan partisipasi pemilih segmen disabilitas di Kantor DPD Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni), Jalan Sampul, Medan, Jumat kemarin.

Sitori Mendrofa menekankan bahwa penyandang disabilitas merupakan segmen penting dalam meningkatkan jumlah partisipasi pemilih di Pilkada Serentak 2024 yang akan digelar pada 27 November mendatang.

Dalam sosialisasi tersebut, Sitori Mendrofa menjelaskan bahwa pilihan kaum disabilitas sangat menentukan siapa yang akan menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara lima tahun ke depan, begitu juga dengan Walikota dan Bupati. Oleh karena itu, penting bagi penyandang disabilitas untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan menggunakan hak suara mereka.



Khusus bagi penyandang tunanetra, KPU Sumut telah menyiapkan beberapa tata cara teknis untuk mempermudah mereka saat berada di TPS, seperti penyediaan alat peraga huruf Braille dan akses lain yang memudahkan penyandang tunanetra untuk menentukan pilihan mereka.

Kabag Teknis Penyelenggara Pemilu, Partisipasi dan Hubungan Masyarakat, Maruli Pasaribu, turut menyampaikan pentingnya setiap suara dalam demokrasi yang bersih. "Setiap orang memiliki satu hak suara, tidak ada yang diabaikan, termasuk penyandang disabilitas," ujarnya.

Maruli Pasaribu mengajak para penyandang disabilitas yang tergabung dalam Pertuni Sumut untuk turut berpartisipasi dalam menyukseskan Pilkada 2024. Partisipasi mereka sangat penting untuk memastikan demokrasi yang inklusif dan representatif.
(hri)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content