Cari Kapal Hilang di Perairan Timika, Tim SAR Kerahkan Pesawat Boeing 737-200 Surveillance

Selasa, 23 Juli 2024 - 15:27 WIB
Pesawat Boeing 737-200 Surveillance milik TNI AU dikerahkan untuk menelusuri keberadaan Kapal LCT Cita XX yang hilang kontak di perairan Timika-Yahukimo. Foto/Airliners
TIMIKA - Tim SAR gabungan mengerahkan Pesawat Boeing 737-200 Surveillance milik TNI AU untuk menelusuri keberadaan Kapal LCT Cita XX yang hilang kontak di perairan Timika-Yahukimo. Kapal tersebut dilaporkan hilang kontak sejak Senin, 15 Juli 2024.

Laporan mengenai hilangnya kontak Kapal LCT Cita XX baru diterima oleh Tim SAR pada Jumat, 19 Juli 2024. Sejak saat itu, tim SAR langsung melakukan operasi pencarian yang kini sudah memasuki hari keempat.

"Pencarian hari ke-4 tim SAR gabungan direncanakan akan menggunakan pesawat Boeing 737-200 Surveillance milik TNI AU yang akan melakukan penyisiran lewat udara dengan pengamatan kamera pesawat yang lebih efektif dalam memantau setiap tempat yang dicurigai terdapat kapal LCT Cita XX," ujar Kepala Kantor SAR Timika, I Wayan Suyatna, dalam keterangan resminya pada Selasa (23/7/2024).

Namun, upaya pencarian lewat udara terkendala oleh cuaca buruk. Menurut I Wayan Suyatna, cuaca di daerah Timika saat ini sedang hujan dan berkabut, sehingga Pesawat Boeing 737-200 masih menunggu cuaca cerah untuk dapat diterbangkan.



"Dikarenakan cuaca saat ini masih hujan dan kabut, tim SAR gabungan masih standby di Bandara Mozes Kilangi Timika untuk bersiap melakukan pencarian jika cuaca sudah kembali membaik," terang I Wayan Suyatna.

Selain pencarian lewat udara, tim SAR juga mengintensifkan upaya pencarian Kapal LCT Cita XX lewat jalur laut. KRI Teluk Lada 521 dilaporkan masih terus menyisir perairan laut dalam di sekitar Timika-Asmat.
(hri)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content