Pulau Jawa Berkalung Besi, Ramalan Jayabaya tentang Rel Kereta Api, Jalan Tol dan Bandara?

Sabtu, 20 Juli 2024 - 17:33 WIB
Raja Kediri Jayabaya dikenal dengan sejumlah ramalannya tentang masa depan Pulau Jawa. Salah satu ramalannya tentang Pulau Jawa yang akan berkalung besi. Foto/Ilustrasi/Istimewa
RAJA Kediri Jayabaya dikenal dengan ramalannya tentang masa depan Pulau Jawa yang kini sebagian besar dinilai atau ditafsirkan terbukti. Salah satu ramalannya tentang Pulau Jawa yang akan berkalung besi.

Ramalan itu menyebut bahwa "Mbesuk yen wis ana kreta tanpa jaran, tanah Jawa kalungan wesi" atau artinya "Kelak jika ada kereta tanpa kuda, Pulau Jawa akan berkalung besi".





Kemampuan Jayabaya meramal masa depan terasah berkat tirakat dan olah spiritual. Dikutip dari buku "Hitam Putih Ken Arok: Dari Kejayaan hingga Keruntuhan," Prabu Jayabaya memiliki pembacaan yang relevan mengenai masa depan.

Ramalan Jayabaya itu tentang Pulau Jawa yang akan berkalung besi jika dikaitkan dengan kondisi sekarang bisa merujuk dengan adanya transportasi modern kereta api yang mengelilingi Pulau Jawa.

Kereta api menggunakan jalur rel dari besi yang membentang ribuan kilometer. Bisa diibaratkan rel kereta api sebagai kalung besi. Sedangkan kereta api merupakan kereta yang tidak ditarik dengan kuda, melainkan mesin lokomotif.

Jayabaya juga meramalkan bahwa suatu saat "Akeh omaheng duwur jaran" yang arinya banyak rumah di atas kuda. Ramalah ini ada yang menafsirkan sebagai munculnya transportasi udara atau kendaraan terbang yang menggunakan teknologi.



Transportasi modern lainnya yaitu jalan tol yang menghubungkan berbagai wilayah dan daerah, di mana rangkanya juga dari besi. Juga bandara yang menjadi landasan terbang dan mendarat pesawat yang juga dari besi.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content