Survei Pilgub Sulut 2024 Versi IDM, Jan Maringka Teratas

Selasa, 09 Juli 2024 - 15:41 WIB
Elektabilitas tokoh nasional asal Sulawesi Utara, Jan Samuel Maringka, menempati posisi teratas dalam survei yang dilakukan oleh IDM. Foto/Ist
MANADO - Elektabilitas tokoh nasional asal Sulawesi Utara , Jan Samuel Maringka, menempati posisi teratas dalam survei yang dilakukan oleh Indonesia Development Monitoring (IDM) untuk Pilgub Sulut 2024. Dalam survei yang berlangsung dari 23 Juni hingga 3 Juli 2024, Jan Samuel Maringka mengungguli calon lainnya, termasuk Elly Engelbert Lasut.

Direktur Eksekutif IDM, Heru Suyatno, mengungkapkan bahwa dalam simulasi pertanyaan tertutup terhadap 12 nama calon gubernur yang dipilih oleh masyarakat Sulut, Jan Samuel Maringka memperoleh 20,7%. Disusul oleh Rita Maya Tamuntuan dengan 17,8%, Elly Lasut 16,2%, Andrei Angouw 7,1%, Steven Kandau 5,2%, James Sumendap 3,4%, dan Vicky Lumentut 2,9%.

"Lalu ada Tatong Bara 2,3%, Yulius Komaling 1,9%, Tetty Paruntu 1,7%, Carlo Brix Tewu 0,9%, Ronny Sompie 0,6%, dan tidak memilih sebanyak 19,1%," kata Heru, Selasa (9/7/2024).

Dalam survei semi terbuka yang melibatkan 10 kandidat calon gubernur, Jan Samuel Maringka yang merupakan mantan Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen dan Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Pertanian, mendapatkan dukungan 22,1% dari masyarakat Sulut. Elly Engelbert Lasut berada di urutan kedua dengan 21,2%, diikuti Rita Tumuntuan dengan 11,8%.



"Steven Kandau memperoleh 8,3%, Yulius Selvanus Komaling 7,4%, Christiani E. Paruntu 5,2%, Tatong Bara 4,7%, James Sumendap 3,9%, Benny Mamoto 2,1%, Carlo Tewu 1,2%, dan tidak jawab atau rahasia 12,1%," tambah Heru.

Meskipun survei menunjukkan Jan Maringka teratas dalam beberapa kategori, Bupati Kepulauan Talaud Elly Engelbert Lasut masih memimpin dalam kategori top of mind dengan angka 19,9%. Namun, Jan Maringka hanya berselisih sedikit dengan tingkat keterpilihan 19,7%. Rita Tumuntuan Olly Dondokambey berada di angka 10,6%, diikuti oleh Steven Kandau 8,5%, Yulius Komaling 5,6%, Christiani E. Paruntu 5,2%, dan Tatong Bara 4,1%.

"Benny Mamoto mendapatkan 1,7%, Carlo Tewu 1,1%, dan tokoh-tokoh lainnya di bawah 1 persen. Tidak menjawab atau merahasiakan pilihan mereka sebanyak 17,8%," jelas Heru.

Hasil survei yang menunjukkan elektabilitas Jan Maringka dinilai wajar. Akademisi dan pengamat politik, Prof Alex Masengi, menyatakan bahwa Jan Maringka merupakan salah satu tokoh terbaik Kawanua yang diharapkan dapat membangun Sulut. "Seperti individu dari latar belakang profesional lainnya, Jan Maringka bisa menjadi pemimpin yang layak untuk memimpin Sulawesi Utara, asalkan memiliki kualifikasi dan atribut penting," kata Alex.

Alex menjelaskan bahwa akademisi seperti Jan Maringka memiliki keahlian dalam analisis data, penelitian, dan pemahaman mendalam tentang isu-isu tertentu yang sangat berguna dalam pemerintahan. "Akademisi biasanya memiliki visi jangka panjang, mampu merancang strategi berdasarkan penelitian, dan mendorong inovasi serta solusi kreatif untuk masalah kompleks," tambahnya.

Jan Maringka dianggap memiliki pengalaman manajerial yang mumpuni, baik di Kejaksaan maupun di Inspektorat Kementerian Pertanian. "Figur seperti Jan Maringka patut diperhitungkan untuk membangun Sulawesi Utara dengan pengalaman manajerial yang mumpuni. Semoga ia diberi kesempatan untuk mengabdi dan membangun daerah Nyiur Melambai yang kita cintai," pungkas Alex.
(hri)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content