Tali Sling Jembatan Gantung di Lebak Putus, Warga Bertaruh Nyawa saat Melintas

Senin, 08 Juli 2024 - 11:05 WIB
Jembatan gantung di Kampung Nangklak, Desa Margatirta, Kecamatan Cimarga, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten kondisinya memprihatinkan. Foto/Fariz Abdullah
LEBAK - Jembatan gantung di Kampung Nangklak, Desa Margatirta, Kecamatan Cimarga, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten kondisinya memprihatinkan. Warga merasa was-was saat melintas.

Informasi diperoleh, jembatan penghubung antara Kecamatan Cimarga dengan Cikulur itu memiliki panjang 100 meter dengan lebar 1,2 meter. Ironisnya, kondisi jembatan sudah banyak lubang pada bagian alas hingga beberapa tali sling mengalami putus.

Kondisi tersebut membuat tubuh jembatan miring dan memerlukan perbaikan secara cepat oleh pemerintah daerah. Mengingat aksesibilitas warga menuju layanan pendidikan dan kesehatan jadi terhambat.



Iwan seorang warga sekitar mengaku setiap hari melintasi jembatan gantung Nangklak. Kondisi jembatan yang melintasi sungai Ciberang itu membuat warga ketakutan saat melintasinya.

“Saya setiap hari lewat jembatan gantung ini merasakan takut karena banyak alasnya yang berlubang. Bahkan tali sling juga banyak yang putus sehingga kondisi jembatan gantung miring,” katanya, Senin (8/7/2024).

Dia mengungkapkan, kerusakan jembatan gantung ini sudah lama, tapi untuk tali sling yang putus ini baru 1 bulan. Dulu jembatan gantung ini bisa dilalui oleh kendaraan roda dua.

“Setelah kondisinya miring warga yang menggunakan sepeda motor harus memutar arah sehingga jarak yang ditempuh cukup jauh. Semoga pemerintah bisa datang dan mengecek jembatan gantung lalu secepatnya bisa diperbaiki,” ujarnya.



Jembatan gantung ini merupakan akses satu-satunya warga Kampung Nangklak, Kecamatan Cimarga menuju Kampung Kayu Manis, Kecamatan Cikulur maupun sebaliknya.

Sementara Kepala DPUPR Lebak, Irvan Suyatupika mengatakan bahwa pemerintah tengah melakukan penghitungan anggaran perbaikan untuk jembatan Nangklak.

“Sedang dihitung mudah-mudahan bisa direhab nanti diusulkan ke BTT. Kalau ada anggaran dan hasil penghitungan biayanya kecil semoga bisa di tahun ini,” kata Irvan.
(wib)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content