4 Desa di Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara Terendam Banjir

Selasa, 25 Juni 2024 - 22:20 WIB
Sedikitnya 4 desa di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, terendam banjir sejak Senin (24/6/2024). Foto/Ist
PENAJAM PASER UTARA - Sedikitnya 4 desa di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) , Kalimantan Timur, terendam banjir sejak Senin (24/6/2024). Banjir yang merendam puluhan rumah warga ini terjadi setelah diguyur hujan selama 8 jam.

Data sementara yang dihimpun BPBD Kabupaten PPU, Selasa (25/6/2024), sebanyak 80 rumah dan sebanyak 884 jiwa terdampak banjir yang menggenangi 4 desa dan kelurahan di Kecamatan Sepaku. Desa yang terendam banjir, yaitu Desa Karang Jinawi, Desa Suka Raja, Desa Bukit Raya, dan Kelurahan Sepaku.

Tak sedikit ternak warga ikut hanyut terseret banjir yang datang sejak subuh ini. Banjir yang terjadi di sepaku adalah akibat tingginya curah hujan dalam beberapa hari terakhir ditambah terbatasnya saluran air.



Pemerintah Kabupaten PPU bersama Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan IV Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat langsung melakukan upaya penanganan hingga ketinggian air cepat surut. Dapur umum pun sudah disiapkan oleh Dinas Sosial di lokasi yang tergenang banjir.

Berdasarkan laporan sementara pusat ada beberapa RT di 4 desa di Kecamatan Sepaku masih terendam banjir. Sejumlah warga terutama warga yang rumahnya masih tergenang dievakuasi ke tempat yang aman.

Puluhan rumah warga di 4 desa di Kecamatan Sepaku yang terendam tepatnya berada di sekitar Intake Sepaku yang merupakan proyek penyediaan air bersih di Ibu Kota Nusantara (IKN). Intake Sepaku merupakan proyek penyediaan air bersih di IKN.
(wib)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content