Kisah Manalang Doelag Kansil, Raja Siau Kakek Buyut Pemain Naturalisasi Jordi Amat

Rabu, 19 Juni 2024 - 13:48 WIB
Pemain Timnas Jordi Amat merupakan keturunan Raja Siau ke-17 Manalang Doelag Kansil. Foto/SINDONews
Nama Jordi Amat mungkin sudah tidak asing lagi bagi para pencinta Timnas Indonesia. Pemain keturunan Indonesia-Spanyol resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) tahun 2022. Ternyata Jordi memiliki garis keturunannya darah biru dari seorang raja di Nusantara.

Jordi Amat merupakan keturunan dari Manalang Doelag Kansil atau lebih dikenal dengan nama M.D Kansil merupakan Raja Siau ke-17. M.D Kansil memerintah dari tahun 1895 hingga 1909 dan diketahui merupakan keturunan dari Paduka Raja Albertus Matingkolang Kansil.

Kerajaan Siau sendiri didirikan pada tahun 1510 oleh Raja Pertamanya, Lokombanua II atau Lokongbanua II. Selama masa pemerintahannya, M.D Kansil menguasai wilayah yang cukup luas, termasuk Sangihe, Talaud, Tagulandang.



Kemudian Teluk Manado, Minahasa Utara, Kaidipang, dan Leok Buol, hasil dari ekspansi yang dilakukan oleh raja keempat Kerajaan Siau, Raja Don Fransiskus Xaverius Batahi. M.D Kansil memiliki lima istri.

Di antaranya Rachel Doali, Abigael Ponto, Agustina Ponto, Kadio, dan Bembeng. Darah Indonesia dalam diri Jordi Amat berasal dari Agustina Ponto. Agustina Ponto memiliki seorang anak bernama Francine Kansil atau Sien Kansil.

Dia menikah dengan seorang pria berdarah Spanyol-Filipina bernama Villanueva. Dari pernikahan tersebut, lahir dua anak: Isje Villanueva dan Etty Villanueva. Isje Villanueva kemudian menikah dengan Willie Maas, Direktur Utama Perusahaan Kereta Api Belanda.



Dari pernikahan ini, mereka dikaruniai anak bernama Jag Amat Maas. Jag Amat Maas menikah dengan Liran Amat Maas dan dari pernikahan ini lahirlah Jordi Amat Maas beserta ketiga adiknya.

Karier Sepak Bola Jordi Amat
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content