5 Fakta Kesaktian Keris Setan Kober, Pusaka Haus Darah yang Tewaskan Arya Penangsang

Selasa, 11 Juli 2023 - 12:09 WIB
Keris Setan Kober merupakan senjata legendaris Adipati Jipang, Arya Penangsang. Keris ini digunakan saat Arya Penangsang bertempur melawan Danang Sutowijoyo (Panembahan Senopati). Foto/Ilustrasi/Ist
KERIS Setan Kober merupakan senjata legendaris yang dimiliki oleh Adipati Jipang, Arya Penangsang. Keris ini digunakan saat Arya Penangsang bertempur melawan Danang Sutowijoyo (Panembahan Senopati).



Meskipun bentuk asli dari keris ini tidak diketahui, Babad Tanah Jawa mencatat bahwa Keris Setan Kober dibuat oleh Mpu Supo Mandrangi, putra seorang empu di Tuban, Jawa Timur.



Supo Mandrangi kemudian memeluk agama Islam dan menjadi murid Sunan Ampel, sambil tetap mengembangkan keterampilannya dalam pembuatan keris.



Mpu Supo telah menciptakan banyak keris pusaka, termasuk Keris Pusaka Setan Kober, serta karya monumental lainnya seperti Kanjeng Kyai Sengkelat dan Kanjeng Kyai Nogososro.

1. Asal Usul Keris Setan Kober

Keris Pusaka Setan Kober, yang aslinya bernama 'Bronggot Setan Kober', dibuat pada awal kerajaan Islam Demak Bintoro.



Keris ini awalnya dimiliki oleh Djafar Shodiq atau Sunan Kudus, yang kemudian memberikannya kepada murid kesayangannya, Arya Penangsang, Adipati Jipang Panolan.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More