3 Ratu Tercantik di Kerajaan Nusantara, Salah Satunya Selamatkan Majapahit dari Kekacauan

Kamis, 01 Juni 2023 - 07:47 WIB
Terdapat tiga ratu tercantik di Kerajaan yang pernah berjaya di Nusantara. Foto DOK ist
JAKARTA - Terdapat tiga ratu tercantik di Kerajaan yang pernah berjaya di Nusantara . Beberapa di antaranya bahkan berhasil untuk memajukan kerajaannya.

Sosok seorang ratu pada masa kerajaan memang identik dengan paras rupawannya. Karena parasnya inilah yang membuat para penguasa tertinggi mau untuk menikahinya.



3 Ratu Tercantik di Berbagai Kerajaan Nusantara

Berikut ini tiga ratu tercantik di berbagai kerajaan nusantara.

1. Ken Dedes

Ken Dedes yang awalnya merupakan istri dari Tunggul Ametung, penguasa Tumapel berhasil merebut hati Ken Arok karena kecantikannya. Hal ini membuat Ken Arok membunuh Tunggul Ametung, untuk mendapatkan Ken Dedes. Sampai pada akhirnya Ken Arok merebut Tumapel dan mendirikan Kerajaan Singasari.



Menurut Jurnal "Identifikasi Ken Dedes dalam Arca Perwujudan Sebagai Dewi Prajnaparamita", dikalangan masyarakat Malang dan sekitarnya, sosok Ken Dedes sebagai seorang putri Jawa kuno yang dipandang cantik jelita sudah bukan barang baru lagi. Bahkan timbul sebuah anggapan bahwa arca Dewi Prajnaparamita adalah potret dari Ken Dedes.



2. Ratu Shima

Ratu Shima merupakan penguasa Kerajaan Kalingga sejak tahun 670 M sampai 730 M. Ratu yang terkenal akan kecantikannya ini memiliki gelar Sri Maharani Mahissasuramardini Satyaputikeswara.

Ratu Shima diangkat sebagai penguasa kerajaan sebab suaminya wafat dan kedua putranya belum siap menjadi raja. Ratu ini terkenal akan sikapnya yang tegas dan memperhatikan kesejahteraan rakyatnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More