Enrekang Genjot Penanaman Ubi dan Porang untuk Jadi Komoditas Ekspor

Kamis, 16 Juli 2020 - 19:16 WIB
Wakil Ketua DPRD Sulsel, Syaharuddin Alrif, yang turut hadir memberikan motivasi kepada petani untuk menggenjot penanaman ubi dan porang. Toh kedua komoditas itu cukup laku di pasaran ekspor. Diharapkan pula agar Bupati Enrekang mampu menjaga produktivitas petani di tengah pandemi.

"Semoga bisa dijaga konsistensi produktivitas pangan daerah ini. Apalagi jika industri pengolahan ubi jalar dan porang berhasil direalisasikan, maka Enrekang akan jadi yang terdepan dalam pasar ekspor di Asean. Masyarakat tunggu apa lagi, ini saatnya," ucap Syahar-sapaan akrabnya, memberi semangat.

Kementan RI sendiri menargetkan dapat mengekspor ubi sebanyak 47 ribu ton per tahun. Nilainya hampir Rp 1 triliun. Selain nilai ekspornya tinggi, umbi-umbian juga menjadi komoditi alternatif teratas jika terjadi gagal panen padi dan jagung. Potensi pangan selain padi dan jagung, digencarkan sebagai bagian dari rencana panjang diversifikasi pangan lokal.

Selain ubi jalar, komoditas unggul dari Enrekang saat ini juga terus berproduksi. Seperti bawang merah, cabe, talas, hingga ikan air tawar.
(tri)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More