Kota Yogya Terbaik di IDSA 2015

Jum'at, 08 Mei 2015 - 10:40 WIB
Kota Yogya Terbaik di IDSA 2015
Kota Yogya Terbaik di IDSA 2015
A A A
YOGYAKARTA - Kota Yogyakarta dianggap sukses dalam pemanfaatan teknologi informasi di pemerintahan dan pelayanan masyarakat.

Karena itu, kota ini membawa pulang Best of The Best IDSA pada ajang Indonesia Digital Society Award (IDSA) 2015. Penghargaan IDSA 2015 diserahkan oleh Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara kepada Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti kemarin. Award ini diraih setelah Kota Yogyakarta memborong penghargaan pada empat kategori sekaligus.

Yaitu juara I kategori ETourism, juara I kategori E-Education, peringkat kedua kategori E-Health, dan peringkat kedua dalam kategori E-Government. Penghargaan ini diraih berturut-turut sejak 2013 lalu. Haryadi Suyuti mengatakan, penghargaan IDSA bisa diraih karena dukungan semua pihak.

Seberapa pun upaya pemkot mengembangkan sistem informasi dan teknologinya, itu tidak akan bermanfaat tanpa dukungan dan pemanfaatan dari pihak lain. “Tantangan selanjutnya bagaimana membangun teknologi informasi yang lebih user friendly, up to date dan bermanfaat untuk masyarakat karena TI berkembang setiap waktu,” kata Haryadi.

Pengembangan teknologi informasi di Kota Yogyakarta yang menjadi unggulan dalam penilaian IDSA 2015 meliputi pengembangan Sistem Informasi Manajemen (SIM) Puskesmas sebagai bentuk pengembangan e-health, konsultasi belajar siswa online (KBS online), dan digital library sebagai bentuk penapan e-education, pengembangan layanan Hi Jogja, dan web pariwisata sebagai bentuk e-tourism, serta berbagai sistem informasi dalam e-goverment.

Ketua Dewan Juri IDSA 2015 Cahyana Ahmad Jayadi menjelaskan, tujuan dari IDSA ini adalah memonitor pengembangan digitalisasi kota dan kabupaten di Indonesia. Sebagai bentuk daya saing kabupaten dan kota di era globalisasi komunikasi dan informasi. Kriteria penilaian didasarkan pada empat aspek yakni inisiatif, leadership, usership, dan benefit pada lima pihak.

Masing-masing pemerintah daerah, lembaga pendidikan, lembaga pelayanan kesehatan, pihak swasta terkait dengan kegiatan pariwisata, serta masyarakat.

Sodik
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8083 seconds (0.1#10.140)