Fasilitas Ratusan Juta Mangkrak

Jum'at, 08 Mei 2015 - 10:39 WIB
Fasilitas Ratusan Juta Mangkrak
Fasilitas Ratusan Juta Mangkrak
A A A
BANTUL - Bantuan bernilai ratusan juta rupiah dari Dinas Pariwasata DIY di Dusun Bembem Wetan, Desa Trimulyo, Kecamatan Jetis, Bantul mangkrak.

Bantuan berupa dua unit perahu dan sejumlah beberapa bangunan permanen yang rencananya digunakan untuk ruang pameran kerajinan produk desa setempat sudah tak digunakan lagi dalamduatahunterakhir. Duaperahu dibiarkan terparkir di dermaga yang dipenuhi tanah, sedangkan bangunan ruang pamer terlihat tak terurus dan beberapa bagian sudah rusak.

Warga Bembem Wetan, Zamzuri mengungkapkan, awalnya bantuan perahu akan digunakan untuk menghidupkan wisata air di dusunnya. Sebab Dusun Bembem dibelah oleh Sungai Opak yang memiliki debet air cukup besar dan cocok untuk wisata air perahu. Karena itu, dusun tersebut mendapatkan bantuan perahu beberapa tahun lalu. “Dulu sempat jalan, kalau akhir pekan pasti ramai, tapi cuma setengah tahun,” ungkapnya, kemarin.

Dulu, lanjut dia, untuk bisa menaiki perahu, pengunjung membayar retribusi Rp2.000 per orang. Perahu lantas melintas dari dermaga menuju ke bawah Jembatan Sindet yang letaknya sekitar 500 meter ke hilir. Awalnya minat pengunjung memang cukup banyak, tapi berangsur- angsur menyusut. Namun dua tahun ini perahu bantuan dari Dinas Pariwisata DIY tak digunakan lagi.

Berdasarkan penuturan Damin, alasannya dermaga untuk berlabuhnya perahu tersebut tertutup pasir erupsi Merapi. Jadi jika ingin digunakan, warga harus membangun getek atau anjungan dari bambu. “Dua tahun lebih, perahu-perahu itu mangkrak,” tuturnya.

Selain perahu, bangunan yang dulu digunakan untuk ruang pamer produk kerajinan pedukuhan Desa Trimulyo juga hampir tak pernah difungsikan. Bangunan baru diisi ketika desa mengadakan hajatan, seperti merti dusun atau pertunjukkan jathilan. Di sela-sela itu, tak pernah difungsikan karena jika tetap digunakan sebagai ruang pamer, pengunjungnya sama sekali tidak ada.

Sementara itu, warga Bembem Barat, Jamin menuding, mangkraknya bantuan lebih diakibatkan kurangnya promosi oleh pihak desa ataupun pengurus desa wisata. Sebetulnya kapal ini akan difungsikan karena masih bisa dijalankan. “Selain mesin (masih ok), aliran sungai masih memungkinkan untuk dilalui, tidak menghambat jalannya perahu. Masih bisa, tapi kalau hanya perahu kan pengunjung jadi jenuh,” paparnya.

Warga sekitar juga sudah berusaha melakukan pengerukan dermaga dan mencoba membuat fasilitas tambahan. Salah satunya membangun kolam renang. Namun proyek pembangunan kolam renang gagal. Terpisah, Penanggung Jawab (PJ) Lurah Desa Trimulyo Ruswanto membantah kalau dermaga dan dua unit perahu wisata itu mangkrak.

Dia beralasan operasional memang tak serutin dulu lantaran kedua unit perahu wisata itu masih dipakainya untuk menjamu tamu-tamu kunjungan. Pengelolaannya memang di tangan pemerintah desa karena sempadan sungai yang dipakai sebagai dermaga adalah tanah DesaTrimulyo. “Karena itu pemasukannya pun tetap berujung untuk kas desa. Meski nantinya tetap akan kami bagi dengan pengelola untuk keperluan operasional," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bantul Bambang Legowo menyayangkan mangkraknya bantuan Dinas Pariwisata DIY. Sebab bantuan ini sebenarnya diserahkan melalui lembaga yang dipimpinnya dan pengelolaannya diserahkan ke desa. “Lha kalau dibiarkan begitu saja, eman-eman. Lebih baik kami serahkan ke pihak lain yang bisa mengelolanya,” tandasnya.

Erfanto linangkung
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3842 seconds (0.1#10.140)