Pembangunan UPTD Puskesmas Terbengkalai

Rabu, 06 Mei 2015 - 10:58 WIB
Pembangunan UPTD Puskesmas Terbengkalai
Pembangunan UPTD Puskesmas Terbengkalai
A A A
BATURAJA - Proyek pembangunan gedung UPTD Puskesmas Sukaraya, berlokasi di Jalan Karang Anyar Desa Tanjung Baru, Kecamatan Baturaja Timur, OKU, terbengkalai.

Padahal, untuk proyek ini anggaran APBD OKU, TA 2014 yang dikeluarkan mencapai Rp 900 juta lebih. Namun, pembang unan tidak selesai, lan taran tidak dituntaskan kontraktor sesuai batas akhir. Pantauan di lapangan, kema rin progres pembangunan Puskesmas tersebut baru sekitar 30%. Di bagian atas, antara tiang coran dan kerangka baja tampak asal tempel saja.

Sementara, dinding baru dibangun susun bata, lantai dan fasilitas lainnya belum di bangun. Rumput-rumput liar terlihat mengelilingi bangunan. Sekretaris Dinkes OKU, Asnawi Suldi, ditemui di ruang ker janya mengaku, tidak tahumenahu perihal pembangunan proyek UPTD Puskesmas Sukaraya itu. Sebab, dirinya baru menduduki jabatan sebagai Sekretaris Dinkes pada 27 Januari 2015.

Kabid Program Dinkes OKU Rozali mengatakan bahwa proyek pembangunan UPTD tersebut memang akan dilanjutkan pada tahun 2015 ini. "Ya, tetap dilanjutkan dengan RAP ulang. Nilainya belum tahu, itu ada di program. Berapa pagunya juga kita tidak tahu," ucapnya.

Berdasarkan kalender proyek, waktu pengerjaan pro yeknya adalah 75 hari. "Saya lupa nama CV-nya, yang saya tahu. Pembangunan itu baru selesai sekitar 30% lebih. Yang kita bayarkan kepada pemborong juga baru sekitar 30% dari ang garan pembangunan," jelasnya.

Sementara, menurut Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Mandiri, Radius Susanto, bahwa proyek UPTD Puskesmas tersebut terindikasi banyak penyimpangan. "Karena pembangunan itu melalui anggaran APBD induk. Kok tidak bisa selesai. Anehnya ma lah mau dibuat RAPlagi," ujardia.

Ibrahim arsyad
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5895 seconds (0.1#10.140)