Dirlantas DIY Gelar Zebra Cendekia

Rabu, 22 April 2015 - 11:12 WIB
Dirlantas DIY Gelar Zebra Cendekia
Dirlantas DIY Gelar Zebra Cendekia
A A A
KULONPROGO - Peringatan Hari Kartini diperingati petugas Dirlantas Polda DIY dengan menggelar Zebra Cendekia. Mereka mengajak anak-anak TK di Kulonprogo untuk belajar tertib berlalu lintas.

Bagi siswa yang bisa menyelesaikan game dengan benar mendapatkan hadiah buku etika berlalu lintas. Program Zebra Cendekia meru pakan salah satu program dari Dirlantas Polda DIY untuk mengampanyekan tertib ber lalu lintas. Para siswa yang ada di Alun-alun Wates diajak bermain game menggunakan laptop yang ada di dalam bus.

“Ini merupakan salah satu acara memperingati Hari Kartini. Kebetulan hari ini kita diundang Polres Kulonprogo untuk mengenalkan program Zebra Cendekia,” kata Kasi Pendi dik an Masyarakat (Dikmas) Dirlantas Polda DIY Kompol Sulas mi. Menurutnya, program ini se benarnya tidak hanya me nyasar kepada anak-anak TK. Namun, juga pelajar SD hingga SLTA bisa mengikuti game tersebut.

Mereka yang mampu menyelesaikan game dengan benar dan tidak ada pelanggaran lalu lintas, akan diberikan reward berupa buku etika berlalu lintas. Masyarakat, ujarnya, bisa meminta kepada petugas untuk menggelar acara serupa. Mereka akan menyiapkan bus yang dilengkapi AC untuk simulasi permainan. Tujuannya agar anakanak merasa betah mengi kuti kegiatan dan bisa me ngaplikasikan ter tib berlalu lintas. “Ini free tidak dipungut biaya,” ujarnya.

Salah seorang peserta, M Arif Baihaqi, mengaku senang ikut kegiatan ini. Meng gunakan pakaian adat Jawa lengkap de ngan blangkon dan surjan, dia mengikuti permainan yang dipandu petugas dari Dirlantas. “Senang, jadi mengerti berlalu lintas,” ujar pelajar TK Al Hi dayah Kuncen, Bendungan.

Kuntadi
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5083 seconds (0.1#10.140)