Pelajar Lukis Mural Emansipasi di Tembok Sekolah

Rabu, 22 April 2015 - 10:50 WIB
Pelajar Lukis Mural Emansipasi di Tembok Sekolah
Pelajar Lukis Mural Emansipasi di Tembok Sekolah
A A A
KUDUS - Pelajar SMA 1 Kudus, Jawa Tengah memperingati hari lahir pahlawan emansipasi RA Kartini dengan membuat lukisan dinding (mural) bertema serba Kartini di tembok luar sekolah. Ada beragam mural yang dibuat pelajarkelasXII ini.

Namun, mayoritas bergambar pahlawan emansipasi asal Jepara itu. Ada juga yang membuat mural bergambar aktivitas belajar mengajar di sekolah yang diikuti siswa dansiswi. Muraliniberceritatentang salah satu hasil perjuangan Kartini, yakni kesetaraan hak dalamurusanpendidikanantara perempuan dan laki-laki. Mural di tembok sekolah ini bertema Mustika Emas Tanah Jawa . Tiap mural juga diberi tulisan yang selama ini melekat dengan Kartini.

Seperti tulisan Habis Gelap Terbitlah Terang, Tataning Wanito Uriping Budayo, Kita Dapat Menjadi Manusia Sepenuhnya Tanpa Berhenti Menjadi Wanita Sepenuhnya, From Japara to Indonesia , dan lainnya. “Ini adalah salah satu ekspresi kita untuk mengenang RA Kartini. Tentu disesuaikan dengan gaya dan cara kita yang memang masih remaja,” kata salah seorang pelajar SMA 1 Kudus, Maurista Khubna, kemarin. Pelajar lainnya, Rengga Purnama menambahkan, kegiatan ini juga dimaksudkan mengasah kreativitas siswa.

Menurutnya, jika pelajar dirangsang berbuat positif maka otomatis bisa mengerem kemungkinan terjerumus dalam pergaulan bebas, narkoba, atau tawuran antarpelajar. “Karena ini, bertema Kartini secara otomatis sebelum berkarya mereka juga mempelajari lebih detail hal-hal terkait pahlawan emansipasi wanita tersebut. Jadi manfaatnya ganda,” tutur Rengga. Peringatan Hari Kartini juga digelar Pemkab Kudus.

Beragam kegiatan diadakan mulai dari lomba kreasi batik kerja, lomba menyanyi, dan lainnya. Bupati Kudus Musthofa mengatakan wanita memang hebat. Sebab dia bisa melakukan beberapa peran sekaligus, mulai dari ibu bagi anak-anaknya, istri untuk suaminya, dan beraktivitas di luar rumah dalam berbagai bidang.

Muhammad oliez
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4269 seconds (0.1#10.140)