Hj Nurhayanti Minta DPRD segera Pilih Calon Wabup

Sabtu, 11 April 2015 - 09:31 WIB
Hj Nurhayanti Minta DPRD segera Pilih Calon Wabup
Hj Nurhayanti Minta DPRD segera Pilih Calon Wabup
A A A
BOGOR - Bupati Bogor Hj Nurhayanti meminta agar DPRD Kabupaten Bogor segera memilih nama bakal calon bupati Bogor untuk disetujui menjadi wakil bupati.

Langkah ini dilakukan agar kekosongan kursi Wakil Bupati Bogor segera dapat terisi. Sehingga dapat membantu kinerjanya untuk membangun Bumi Tegar Beriman ini menjadi kabupaten termaju di Indonesia.

Menurut Bupati Bogor Hj Nurhayanti, sesuai Undang-undang No 8 tahun 2015 Pasal 176 ayat (1) menyatakan bahwa pengisian wakil bupati dilakukan melalui mekanisme pemilihan oleh DPRD kabupaten/kota berdasarkan usulan dari partai politik/gabungan partai politik pengusung.

"Secara formal sebagai bupati saya sudah mengirimkan surat kepada pimpinan DPRD Kabupaten Bogor dengan Surat Nomor 132/245-Adpem perihal pemberitahuan Pengisian Wakil Bupati Bogor yang pada intinya menyampaikan bahwa mekanisme pengusulan calon wakil bupati sesuai UU No 8 tahun 2015 mohon kerjasamanya dalam proses pengisian jabatan wakil bupati, " ungkap Nurhayanti dalam pesan singkat yang dikirimnya kepada Sindonews.com, Jumat (10/4/2014).

Keberadaan wakil bupati, kata dia, akan sangat membantu dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di Kabupaten Bogor.

Menurut Hj Nurhayanti, setelah dirinya dilantik menjadi bupati definitif dengan sisa masa jabatan 2013-2018, dia juga sudah melakukan komunikasi dengan partai koalisi pengusung dan pendukungnya terkait pencalonan wakil bupati Bogor. Komunikasi juga dilakukan dengan partai lainnya yang ada di DPRD.

"Pada kesempatan itu saya meminta untuk dibahas di tingkat koalisi pengusung untuk disampaikan ke dewan sehingga bisa dipilih. Jadi sekarang tinggal menunggu dari DPRD, " kata Nurhayanti.

Sementara Ketua DPC Partai Hanura Kabupaten Bogor Hendrayana, mengakui memang sudah ada komunikasi sebelumnya dengan Bupati Bogor terkait pencalonan Wakil Bupati Bogor beberapa waktu lalu.

Namun menurut dia hingga saat ini sembilan partai Koalisi Kerahmatan, pendukung Pasangan Rachmat Yasin dan Hj Nurhayanti pada pilkada beberapa waktu lalu belum ada kesepakatan terkait nama yang akan diusulkan menjadi calon wakil Bupati Bogor.

"Saat ini masing-masing partai pendukung tengah menggodok calon nama untuk diusulkan menjadi wabup. Kita akan usahakan tidak terjadi voting dalam menentukan nama calon yang akan diusulkan ke DPRD, " kata Hendrayana saat dihubungi Sindonews.com, Jumat (10/4/2015).

Menurut dia, dari Koalisi Kerahmatan nantinya akan menyodorkan dua nama ke DPRD untuk dipilih salah satunya oleh 50 anggota DPRD Kabupaten Bogor. "Jadi Insya Allah pada akhir April ini kita sudah memiliki wakil bupati, " tandas Hendrayana.

Berdasarkan pengamatan sejumlah nama santer diusulkan menjadi calon wakil bupati salah satu diantaranya adalah Ketua DPC PPP Kabupaten Bogor Ade Munawaroh Yasin (AMY).

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor ini oleh sejumlah kalangan dinilai layak mendampingi Hj Nurhayanti memimpin Kabupaten Bogor.

Karena selain telah dua periode menjadi anggota DPRD, sosok AMY dekat dengan Hj Nurhayanti sehingga dinilai bisa bekerja sama dalam membangun Kabupaten Bogor menjadi kabupaten yang termaju.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5030 seconds (0.1#10.140)