Gelar Peragaan Busana dan Ikuti Pameran

Minggu, 05 April 2015 - 10:52 WIB
Gelar Peragaan Busana dan Ikuti Pameran
Gelar Peragaan Busana dan Ikuti Pameran
A A A
SEBAGAI bagian peningkatan perekonomian, melestarikan warisan seni dan budaya leluhur serta meningkatkan minat masyarakat lokal maupun mancanegara akan kerajinan tenun tradisional.

Kegiatan promosi dalam maupun luar negeri terus dilakukan Dekranasda Muba. Pembina Dekranasda Muba Lucianty Pahri mengatakan, pihaknya berupaya melakukan pameran dan peragaan busana menggunakan bahan baku tenun tajung dan songket. Ini dilakukan sebagai salah satu bentuk mengenalkan kerajinan tenun tradisional agar semakin digemari masyarakat nasional dan internasional. Kegiatan tersebut dilakukan rutin setiap ada acara kedatangan tamu dari luar daerah ke Kabupaten Muba.

“Kami juga secara rutin mengikuti pameran seni dan budaya di dalam maupun luar negeri. Seperti pameran yang digelar di Serbia pada tahun lalu dalam rangka menyemarakkan pameran pariwisata The 36th International Fair of Tourism,” jelas dia. Melalui kegiatan itu diharapkan dapat melestarikan pakaian dan kain tenun tradisional serta kerajinan tradisional khas Muba. “Memperkenalkan kerajinan khas Muba ke berbagai daerah dan lapisan masyarakat pelu dilakukan dan miliki manfaat yang sangat besar,” kata dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, untuk mengembangkan kerajinan tenun tradisional, pihaknya akan mendorong ibuibu dan remaja putri di daerah ini menjadikan kerajinan tenun sebagai usaha sampingan keluarga.

“Bagi ibu-ibu dan remaja putri yang telah memiliki keterampilan menenun tajung dan songket akan didorong terus berkarya, sedangkan yang belum akan diberikan pelatihan menenun,” tutur dia.

Amarullah diansyah
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7807 seconds (0.1#10.140)