Johan Terpilih sebagai Rektor Undip Semarang

Kamis, 02 April 2015 - 16:12 WIB
Johan Terpilih sebagai...
Johan Terpilih sebagai Rektor Undip Semarang
A A A
SEMARANG - Dekan Fakultas Hukum (FH) Prof Yos Johan Utama terpilih sebagai rektor baru, Universitas Diponegoro (Undip) Semarang.

Johan terpilih melalui Pemilihan Rektor (Pilrek), Kamis (2/4/2015) di Gedung Prof Soedarto Kampus Tembalang.

Dalam Pilrek tersebut, Johan memperoleh dukungan 103 suara dan mengalahkan dua pesaingnya, yaitu Prof Slamet Budi Prayitno, Dekan FKIP yang memperoleh 61 suara serta Prof M Arifin, Dekan FPP dengan perolehan 35 suara.

Ketua Panitia Pilrek Undip Prof Sunarso mengatakan, dari total anggota senat 131 orang, hadir sebanyak 125 orang, tiga diantaranya absen.

"Dari suara yang diberikan oleh anggota senat yang hadir itu, kemudian ditambah 71 suara dan Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek dan Dikti), total suara berjumlah
199 suara," ujar Sunarso.

Djelaskan, pada Pilrek tersebut, hadir dari pihak Kemenristek dan Dikti, Direktur Kelembagaan dan Kerjasama Ditjen Dikti Prof Hermawan Kresno Dipojono.

"Pak menteri (M Nasir) tidak hadir. Jadi, dari pihak Kemenristek dan Dikti yang mewakili adalah Prof Hermawan dari Direktorat Kelembagaan dan Kerjasama Ditjen Dikti," katanya.

Prof Yos Johan Utama, usai pemilihan kepada wartawan menyampaikan, bahwa pada Pilrek tidak ada yang menang dan kalah.

"Semua adalah pemenang, sebab semua memiliki tujuan sama ingin terus memajukan Undip ke depan. Jadi, apapun hasilnya, semuanya adalah pemenang," tegasnya.

Setelah ditetapkan sebagai pemenang, ahli hukum administrasi negara itu, juga mendatangi rombongan dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) yang menunggu di luar gedung.

Kepada para mahasiswa, dia berjanji menjalankan amanah yang diberikan diembanya. Prof Yos juga menerima pakta integritas yang disampaikan oleh mahasiswa.

Rektor Undip Semarang, Prof Sudharto P Hadi mengaku lega Pilrek Undip 2015 dapat berlangsung lancar. Dia juga berharap dengan kepemimpinan rektor baru, apa yang sudah berjalan dengan baik pada kepemimpinannya dapat diteruskan.

"Sesuai jadwal pelantikan rektor baru akan dilaksanakan pada 14 April 2015 nanti. Namun semua keputusan ada di Kemenristek dan Dikti. Pada 13 April nanti ada pelantikan rektor baru dari tiga PTN berbeda yakni ITS, UNPAD dan UNS," sebutnya.

"Jika pelantikan rektor baru Undip dibarengkan, bisa jadi jadwalnya maju dan kemungkinan pelantikan akan di langsungkan di Jakarta," tambahnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1430 seconds (0.1#10.140)