Susun Rekomendasi Kongres

Rabu, 01 April 2015 - 10:06 WIB
Susun Rekomendasi Kongres
Susun Rekomendasi Kongres
A A A
PALEMBANG - Menjelang pelaksanaan kongres PDI Perjuangan (PDIP) IV Bali, 9- 12 April nanti, DPD PDIP menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) untuk menyusun rekomendasi yang akan dibawa PDIP Sumsel pada kongres nanti.

Dalam Rakerda yang digelar di Kan tor DPD PDIP Sumsel, Jalan Basuki Rahmat Pa lem bang, ke marin, tak kurang dari seratusan orang kader DPD dan DPC PDIP se-Sumsel menyatakan sikap, siap mendukung Megawati sebagai ketua umum PDIP untuk periode lima tahun men datang, pada pelaksanaan kongres nantinya. Bendahara DPD PDI Perjuangan Sumsel, Yudha Renaldi me ngungkapkan, sosok Megawati merupakan satu-satunya tokoh PDIP yang dapat membawa partai berlambang banteng mon cong putih itu menuju kema juan.

”Kami rasa hanya so sok Ibu Megawati yang sampai saat ini bisa membawa PDIP yang dua periode menjadi partai oposisi dan kini menjadi partai pe merintah. Itu yang menjadi pandangan kami sebagi kader,” ujar Yudha Renaldi, kemarin. Menurut dia, komitmen terse but disatukan dalam rakerda DPD PDIP, yang diikuti pe ngurus DPD PDIP Sumsel dan 51 orang dari pengurus DPC se- Sumsel.

”Masing-masing DPC di kabupaten kota se-Sumsel dalam rakerda ini membawa usulan rumusan internal dan eks ternal yang diintruksikan pa da acara konferda lalu, yang ma sing-masing DPC membawa permasalahan yang ada di da erah masing-masing,” kata Yudha. Yudha menjelaskan, hasil da ri rakerda ini nantinya akan berbentuk rekomendasi yang akan dibawa ke acara kongres PDIP mendatang.

”Hasil usulan rumusan masing-masing DPC akan dirumsukan oleh DPD dulu kemudian baru disampai kan pada acara kongres nanti,” jelasnya. Rencananya, tambah dia, pasca digelarnya kongres DPD PDIP Sumsel juga akan meng gelar konsolidasi tingkat ranting. konsolidasi ranting akan di lakukan untuk membuat struk tur kepengurusan di tingkat ranting agar lebih maksimal di tatanan tingkat kecamatan dan kelurahan. Tercatat ada sekitar 3.201 de sa yang bakal dibentuk kepengu rusannya. Pihaknya juga akan melakukan pendataan di daerah pemekaran, mengingat kepengurusan di daerah pemekaran utamanya tingkat ran - ting masih ada beberapa daerah yang belum di-update.

”Kita akan memberikan pelajaran bagi para kader PDIP. Biar mereka jangan hanya me - nga ku kader Partai PDIP, tetapi ti dak mengerti berorganisasi. Ha rapannya kader PDIP bisa memberikan manfaat bagi masyarakat,” jelas dia. Sementara itu, Ketua DPD PDIP Sumsel Giri Ramanda Kiemas mengungkapkan, DPD PDIP Sumsel menyatakan, akan all out mendukung Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Umum PDIP.

Dan pelaksanaan kongres nantinya, kata dia, untuk ke - pengurusan DPP PDIP periode 2015-2020, kemungki nan akan melaksanakan pene ga san dan pengukuhan saja. Sebab, seluruh DPD PDIP se- Indonesia tetap sepakat untuk mengusung Megawati Soekarnoputri sebagai ketua umum. “Jadi sebenarnya seluruh DPD se-Indonesia telah sepakat untuk mendukung Ibu Mega - wa ti sebagai ketua umum perio - de selanjutnya,” tegas Giri.

Dijelaskannya, seluruh DPD se-Indonesia sama-sama telah menyatakan, dan tidak akan ada bakal calon yang me ngu sul - kan. Jikapun nanti akan terjadi pe rubahan, hanya di dalam struk tur kepengurusan tingkat DPP PDIP. “Karena Ibu Megawati adalah tokoh utama PDIP, ” tegas dia.

Sebelumnya secara terpisah, Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto me ngungkapkan, bahwa pelaksanaan Kongres IV di Bali pada 9-12 April mendatang lebih fokus pada pematangan program serta sikap politik. Adapun untuk posisi ketua umum tinggal menetapkan kem bali Megawati Soekarnoputri, mengingat hal itu sudah men jadi rekomendasi Rapat Ker ja Nasional (Rakernas) dan juga menjadi rekomendasi konferca dan konferda PDIP seluruh Indonesia.

“Itu adalah tradisi demokrasi ala PDIP. Mu sya - wa rah mufakat. Maka kongres akan tetapkan Ibu Mega sebagai ke tum,” kata Hasto di Jakarta, baru-baru ini. Menurut Hasto, isu strategis se perti restrukturisasi diluar po sisi ketua umum memang men jadi salah satu agenda penting kongres. Namun, itu semua te tap dibelakang program agar lang - sung siap menjalankan program ideologis partai untuk tetap mengutamakan kepen ti - ngan rakyat, ketika saat ini men jadi partai pemerintah.

Muhammad uzair/ rahmat sahid
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1112 seconds (0.1#10.140)