Batu Senilai Rp17 Miliar Ikuti Kontes Batu Akik di Sibolga

Selasa, 31 Maret 2015 - 08:40 WIB
Batu Senilai Rp17 Miliar...
Batu Senilai Rp17 Miliar Ikuti Kontes Batu Akik di Sibolga
A A A
SIBOLGA - Batu akik jenis Sigori La Fau senilai Rp17 miliar ikut meramaikan kontes batu akik dalam pameran hari Jadi Kota Sibolga ke 315 di stand Gemstone Lapangan Simare-mare.

Pameran yang dibuka untuk umum sejak 25 Maret 2015 lalu itu telah dikunjungi ribuan pengunjung.

“Ya begitulah, jumlah pengunjung sangat ramai setiap harinya atau lebih dari seribuan orang setiap harinya. Kita bahkan sampai-sampai tutup jam dua pagi dan harus hati – hati, karena yang kita jaga adalah batu-batu milik orang (peserta lomba) yang nilainya mencapai miliaran,” kata Hazlinda Boru Hutagalung selaku Ketua Panitia Kompetisi Batu Akik di Hari Jadi Kota Sibolga, Senin (30/3/2015) sore
.
Hazlinda mengaku, fenomena keramaian ini terjadi karena tingginya daya tarik terhadap batu akik sekarang ini, sehingga masyarakat atau pengunjung batu akik tidak mau melepaskan momentum ini dan ramai-ramai datang berkunjung ke lokasi batu akik, khususnya ke lokasi stand kompetisi batu akik.

Soal batu akik yang diperlombakan, Hazlinda mengatakan, kompetisi batu akik yang diperlombakan mereka diikuti oleh 700 an peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, mulai dari Aceh, Sumatera Barat (Sumbar) dan daerah lainnya bahkan dari luar negeri seperti Brunai Darussalam.

“Adapun batu akik para peserta lomba umumnya yang masih berasal dari bebatuan asli nusantara, dengan harga jual yang ditawarkan sendiri oleh pemilik masing – masing batu akik bervariasi mulai dari harga terendah hingga harga tertinggi yang mencapai nilai Rp17miliar seperti batu Sigori La Fau sejenis badar emas milik salah seorang warga Nias,” ungkapnya.

Tentang penilaian ini ungkap Hazlinda, akan berkhir hari ini Selasa 31 Maret mendatang. Bagi pemenang lomba akan diberikan piala dan piagam penghargaan ditambah uang pembinaan.

Terpisah, salah seorang peserta lomba, Pasaribu, membenarkan harga jual batu akik yang ditawarkan oleh peserta lomba bervariasi hingga mencapai miliaran rupiah. Sebagaimana harga jual batu akik yang ditawarkannya di ajang lomba tersebut.

“Ada beberapa batu akik saya yang ikut saya perlombakan dalam kompetisi itu. Harga jualnya tinggi mencapai miliaran rupiah,” tuturnya.

Hal senada diungkapkan F Situmorang (32) peserta lomba lainnya, yang juga menyebutkan bahwa dirinya juga turut menawarkan harga batu akik gambar wayang miliknya di kompetisi itu dengan nilai seharga Rp2 miliar.

“Untuk jenis batu akik saya itu, saya kurang tahu, tapi yang pasti, warnanya putih dengan corak gambar di dalam batu diduga wayang,” tandasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1334 seconds (0.1#10.140)