Jalur Pendakian Gunung Semeru Terputus Longsor

Jum'at, 27 Maret 2015 - 14:45 WIB
Jalur Pendakian Gunung Semeru Terputus Longsor
Jalur Pendakian Gunung Semeru Terputus Longsor
A A A
MALANG - Jalur pendakian ke Gunung Semeru masih terputus akibat tanah longsor dan pohon tumbang. Pihak Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru berencana membuka pendakian yang ditutup tiga bulan lalu ini pada pertengahan April 2015.

Kepala Balai Besar TNBTS Ayu Dewi Utari menginformasikan, masih ada tiga titik longsor dan lima pohon tumbang yang memutus jalur pendakian ke gunung tertinggi di Pulau Jawa ini.

"Mulai dari gathering hingga Pos Kalimati, ada tiga titik longsor dan lima pohon tumbang," kata Ayu Dewi Utari, kepada wartawan, Jumat (27/3/2015).

Menurutnya, petugas taman nasional kini tengah membenahi jalur yang putus akibat longsor dan pohon tumbang. Pembenahan ini dilakukan demi keamanan dan kenyamanan para pendaki nanti. "Mudah-mudahan pertengahan April bisa kita buka," ujarnya.

Penutupan pendakian ke Gunung Semeru ini dilakukan sejak sejak 5 Januari 2015 untuk pemulihan ekosistem serta kondisi cuaca yang ekstrim yang membahayakan pendaki.

Sebelum dibuka, pihak taman nasional akan menggelar rapat koordinasi dengan pihak terkait termasuk PVMBG Bandung. Setelah itu, juga akan dilakukan survei jalur pendakian apakah aman bagi pendaki atau belum.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5005 seconds (0.1#10.140)