Siap Wakili Jabar di Tingkat Nasional

Rabu, 18 Maret 2015 - 10:54 WIB
Siap Wakili Jabar di Tingkat Nasional
Siap Wakili Jabar di Tingkat Nasional
A A A
KUNINGAN - SMA Negeri 3 Kuningan terpilih menjadi juara Sekolah Sehat tingkat Jawa Barat dan otomatis melenggang untuk mengikuti lomba serupa di tingkat nasional pada Mei 2015 mendatang. Untuk menunjang keberhasilan dalam Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional tersebut, di SMAN 3 Kuningan kini berdiri kantin sehat sebagai upaya untuk mendukung keberhasilan di lomba sekolah sehat tingkat nasional itu.

Di kantin sehat itu, selain lingkungannya yang bersih, panganan yang dijual pun diwajibkan bergizi, sehat, dan terbebas dari bahan kimia. Kemarin, keberadaan kantin sehat tersebut diresmikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Asep Taufik Rochman sekaligus penandatanganan prasasti oleh Bupati Kuningan Utje Ch Suganda.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga membagikan vitamin E kepada para siswa. “Kantin sehat ini memberdayakan kantin sekolah yang ada. Hanya saja semua menu makanan harus sehat dan bebas dari bahan kimia,” tegas Kepala SMAN 3 Kuningan Sudrajat. Agar panganan yang dijual di kantin sehat tersebut terjamin kesehatannya, semua jenis panganan yang dijual di kantin sehat harus mendapat legalisasi Dinas Kesehatan Kuningan yang ditandai dengan sertifikat makanan layak, sehat, dan bergizi.

Sudrajat mencontohkan, bakso yang dijual di kantin sehat tidak boleh menggunakan penyedap rasa dan saos yang mengandung bahan kimia. “Kantin Sehat ini dibangun untuk mendukung Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional pada Mei 2015 nanti. Untuk menghadapi itu, kami pastinya akan berusaha memenuhi kriteria. Kuncinya sudah dikuasai, tinggal pemenuhan kriteria tadi,” katanya.

Sementara itu, Bupati Kuningan Utje Ch Suganda mengapresiasi pembangunan Kantin Sehat SMAN 3 Kuningan. Menurutnya, kantin sehat ini bentuk kesadaran warga sekolah sebagai daya dukung persyaratan sekolah sehat. “Jauh lebih penting dalam pengelolaanya, saya berharap diatur dengan baik. Sajikan menu jajanan murah, sederhana tapi sehat. Sehingga kebutuhan gizi warga sekolah bisa terpenuhi dengan aman dan nyaman,” imbau Utje.

Mohamad Taufik
(bhr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8554 seconds (0.1#10.140)