KSAU Lepas The Jupiter Ke LIMA

Kamis, 12 Maret 2015 - 11:26 WIB
KSAU Lepas The Jupiter Ke LIMA
KSAU Lepas The Jupiter Ke LIMA
A A A
SLEMAN - KSAU Marsekal TNI Agus Supriatna secara resmi melepas aerobatic team TNI AU The Jupiters untuk mengikuti Langkawi International Maritime and Aerospace Exhibiton (LIMA) pada 17-21 Maret mendatang di Langkawi Malaysia dalam upacara pemasangan brevet Jupiters di shelter Woong Bee, Lanud Adisutjipto, Yogyakarta, kemarin.

Sebanyak delapan pesawat KT 1 Woong Bee dipersiapkan untuk kegiatan itu. Dari delapan pesawat itu, enam sebagai pesawat utama dan dua pesawat cadangan. Sebagai leaderThe Jupiters adalah Letkol Pnb Feri Yunaldi yang keseharian menjabat Kepala Skadik 102 Lanud Adisutjipto, Yogyakarta.

KSAU Marsekal TNI Agus Supriatna mengatakan, keikutsertaan The Jupiters ini bukan hanya merupakan kehormatan bagi TNI AU, tapi juga sebagai bentuk pengakuan dari dunia luar terhadap kemampuan dan kekuatan TNI AU. “Menurut saya ini adalah kebanggaan untuk TNI AU, masyarakat, bangsa dan negara,” ungkap Agus Supriatna seusai melepas kontingen The Jupiter ke LIMA di Lanud Adisutjipto, Yogyakarta.

Menurut Agus, karena aerobatic teambukan hanya kebanggaan bersama. Ke depan, TNI AU berencana mengembangkan aerobatic dengan pesawat lain, satu di antaranya dengan pesawat tempur T50. Apalagi dari 16 pesawat T50, delapan di antaranya warnanya sudah aerobatic team.

“Namun untuk pembentukannya tetap melihat situasi dan kondisi, termasuk harus memperhitungkan anggaran,” ujarnya. Mengenai ada penerbang wanita dalam aerobatic team, menurut Agus, hal tersebut tidak menutup kemungkinan. Terbukti saat kegiatan di Singapura Airshow 2014 lalu, untuk penerbang pesawat tempur F15 adalah perempuan.

Hanya untuk menjadi penerbang selain harus pintar, yang lebih penting lagi dalam bekerja tetap mementingkan bangsa dan negara. “Itu yang harus diutamakan,” katanya. Kepala Penerangan dan Perpustakaan (Kapentak) Lanud Adisutjipto Mayor Sus Hamdi Londong Allo menambahkan, untuk rute perjalanan tim The Jupiter, yaitu Adisutjipto-Jakarta- Palembang-Pekanbaru- Medan-Langkawi.

Namun, sebelum sampai ke Langkawi, akan menginap di dua kota, yaitu Palembang dan Medan. Sementara untuk rute kepulangan, yaitu Langkawi-Medan-Pekanbaru- Padang-Palembang-Lampung- Jakarta-Adisutjipto. Sama hal seperti saat perjalanan, untuk kepulangan juga tidak langsung menuju Yogyakarta, tetapi menginap dulu di dua kota, yaitu Pekanbaru dan Lampung.

Selain itu, di beberapa kota yang disinggahi juga akan melakukan Airshow. “Direncanakan sampai di Yogyakarta lagi tanggal 26 Maret. Meski begitu, tetap tergantung dengan cuaca,” katanya.

Priyo setyawan
(bhr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6427 seconds (0.1#10.140)