UGM-Kulonprogo Sepakat Kerja Sama Sekolah Vokasi

Rabu, 11 Maret 2015 - 10:12 WIB
UGM-Kulonprogo Sepakat Kerja Sama Sekolah Vokasi
UGM-Kulonprogo Sepakat Kerja Sama Sekolah Vokasi
A A A
KULONPROGO - Universitas Ga djah Mada (UGM) tertarik untuk membangun kampus unit II pada program sekolah vokasi di Kulonprogo.

Ini merupakan salah satu upaya dari UGM agar ilmu yang ada bisa diterapkan di tengah masyarakat. Rektor UGM Dwi Korita Kar nawati mengatakan antara UGM dan Pemkab Kulonprogo telah me miliki satu pemikiran dan pemahaman yang sama untuk mewujudkan visi menghilirkan produk akademi dan riset. Salah satunya dalam mewujudkan teaching industri di kawasan industri yang ada di Kulonprogo.

“Kita ingin me wujudkan mimpi mengembangkan teaching industri di kampus II technopark,” ujar Dwi Korita usai melakukan penandatanganan kerja sama antara UGM dan Kulonprogo di rumah dinas bupati kemarin. Banyak program yang bisa dikembangkan di Kulonprogo. Tidak hanya terkait dengan kawasan industri, tetapi juga dalam hal sekolah vokasi kedokteran (teaching hospital). Sehingga nanti ma hasiswa bisa benar-benar prak tik dan melakukan pelatihan.

“Kita ingin kembangkan po - ten si lokal di Kulonprogo bisa le - bih terangkat sehingga potensi yang ada bisa diolah dan meng hasil kan nilai lebih,” kata dia. Di samping itu, juga sudah banyak dirancang program kerja sama lainnya. Mulai dari deteksi te - lur unggas, pengembangan kakao, brown sugar, hingga re vitalisa si lahan kritis sampai dengan pe ngembangan minyak atsiri.

Direktur Sekolah Vokasi UGM Hotma Prawoto Sulistyadi menyebutkan terdapat 27 program studi di Sekolah Vokasi UGM dan hampir seluruhnya dapat diterapkan di Kulonprogo. Setidaknya untuk penerapan ilmu dibagi ke dalam beberapa kelompok meliputi perekayasaan infra struktur, mekanik, elektronika dan informatika, bahasa, seni dan budaya, teknologi veteriner dan hayati, pelayanan informasi kesehatan, teknologi kebumian, dan per ikanan. Kerja sama ini tidak hanya meng untungkan Sekolah Vokasi UGM, melainkan juga Pemkab Ku lonprogo.

Praktik mahasiswa akan membantu kebutuhan layanan serta kinerja pemkab yang per lu ditingkatkan. “Technopark itu menjadi salah satu upaya meng hilirkan inovasi di kampus ke pada masyarakat,” ucapnya. Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo menyambut baik kerja sama yangdibangun. Pemkab Ku lonprogo membuka peluang alter na tif lokasi kampus yang di sesuaikan dengan kebutuhan.

Seperti tea ching industriakandi arah kandiSentolo. Sementara kaitan dengan kedokteran dan far masi di sekitar Wates. “Latar belakang pembangunan sekolah vo kasi di Kulonpro go untuk meng hadirkan fasilitas pendidikan di Kulonprogo, ter lebih Yogyakarta dikenal sebagai ko ta pela jar,” ujar Hasto. ?kuntadi
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4977 seconds (0.1#10.140)