Risma Raih Gelar Doktor HC dari ITS

Rabu, 04 Maret 2015 - 17:47 WIB
Risma Raih Gelar Doktor HC dari ITS
Risma Raih Gelar Doktor HC dari ITS
A A A
SURABAYA - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini raih gelar Doktor Honoris Causa dari Institut Teknologi 10 November (ITS) Surabaya, dalam bidang manajemen pembangunan kota di jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) ITS.

"Selamat untuk Bu Risma, sudah menjadikan Kota Surabaya sebagai kota hijau dan nyaman untuk bermukim," kata Ketua Senat ITS Prof Priyo Suprobo saat penganugerahan gelar doktor di Kampus ITS, Jalan Mulyorejo, Surabaya, Rabu (4/3/2015).

Suprobo mengatakan, ada beberapa pertimbangan kenapa Risma diberikan gelar kehormatan ini. Menurutnya, sepak terjang Risma selama menjabat sebagai Wali Kota Surabaya banyak membawa perubahan bagi Kota Pahlawan ini.

Penghargaan ini merupakan yang kedua dalam sejarah ITS. Sebelumnya, ITS sudah pernah memberikan gelar doktor kepada Hermawan Kertajaya.

Surat keputusan gelar Doktor Honoris Causa ini dibacakan oleh Ketua Komisi Profesor ITS Prof Ir Joni Hermana. Kata Joni, Risma memiliki leadership yang kuat dalam memimpin Surabaya.

"Atas dasar karya luar biasa bagi ilmu pengetahuan tekonologi dan kebudayaan, maka Tri Rismaharini berhak menyandang gelar Dr HC dalam sidang terbuka senat," paparnya.

"Risma mampu menginisiasi perencanaan dan pengawasan, serta memotivasi masyarakat utuk ikut membangun dan memelihara Kota Surabaya menjadi lebih manusiawi," tambahnya lagi.

Hal itu dibuktikan dengan membangun kepercayaan dan partisipasi masyarakat. Salah satunya adalah taman yang mati suri menjadi hidup. Kemudian, sungai menjadi bersih karena penanganan sampah yang efektif.

Suasana kota yang lebih ekologis pun secara spontan maupun terorganisasi. Dalam penganugerahan Doktor HC bagi Tri Rismaharini, sejumlah tokoh nasional juga tampak hadir.

Di antara para tokoh itu adalah mantan Menteri Kordinator Perekonomian Chairul Tanjung, mantan Menteri Pendidikan Muhammad Nuh, perwakilan Forpimda, serta Konsulat Jenderal Amerika Serikat, Jerman, dan Korea.‬
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4926 seconds (0.1#10.140)