Terjerat Jaring, Hiu Tutul Terdampar di Polewali

Rabu, 04 Maret 2015 - 13:59 WIB
Terjerat Jaring, Hiu Tutul Terdampar di Polewali
Terjerat Jaring, Hiu Tutul Terdampar di Polewali
A A A
POLMAN - Seekor ikan Hiu Tutul ditemukan warga terdampar di tepi Pantai Tanjung Buku, Desa Buku, Kecamatan Mapilli, Kabupaten Polewali Mandar (Polman).

Ikan sepanjang lima meter dengan bobot diperkirakan mencapai satu ton ini, ditemukan pertama kali oleh Hajar (35), salah seorang nelayan yang baru saja pulang melaut, sekira pukul 07.00 WITA.

"Saya juga kaget. Saya kira kayu. Setelah mendekati benda itu, ternyata ikan hiu yang besar,” tuturnya, kepada wartawan, di lokasi kejadian, Rabu (4/3/2015).

Dikatakan Hajar, saat ditemukan ikan tersebut berusaha berenang kembali ke tengah laut. Sayangnya, ikan itu terluka. Ditambah kondisi air sedang surut, sehingga membuat ikan raksasa itu sulit bergerak.

Untuk menyelamatkan hiu tersebut, Hajar sempat memanggil warga untuk membantu mendorongnya kembali ke laut. Tetapi kondisi gelombang yang cukup keras membuatnya bersama warga lain kesulitan mengembalikan ikan tersebut ke habitatnya.

"Kami ada sekitar 10 orang tadi, berupaya mendorong ikan agar kembali ke laut. Tetapi, tidak berhasil walau sempat bergeser beberapa meter. Ikan itu kembali ke tepian, karena tubuhnya terseret hempasan ombak yang keras,” bebernya.

Senada dengan itu, salah seorang warga lainnya Baharuddin menduga, terdamparnya ikan hiu itu akibat terluka parah setelah terjerat jaring nelayan.

“Ada kemungkinan ikan ini terluka parah akibat jeratan jaring nelayan saat berada di tengah laut, apalagi di bagian punggung ikan terlihat ada luka menganga yang cukup panjang,” jelasnya.

Menurut dia, kemungkinan ikan dengan bintik putih itu untuk bertahan hidup sangat tipis. Karena kondisinya yang sangat lemah. "Kami upayakan bisa kembalikan kehabitatnya. Karena bagaimana pun, dia butuh pertolongan," tambahnya.

Pantauan di lapangan, selama ikan ini terdampar ratusan warga terus berdatangan ke pantai untuk menyaksikan secara langsung kondisi ikan itu. Selain melihat kondisi ikan, beberapa di antaranya menyempatkan diri berpoto.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7099 seconds (0.1#10.140)