Kunjungan ke Puskesmas Turun Hingga 70%

Senin, 02 Maret 2015 - 18:17 WIB
Kunjungan ke Puskesmas Turun Hingga 70%
Kunjungan ke Puskesmas Turun Hingga 70%
A A A
BANTUL - Sejak pemerintah memberlakukan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) melalui Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS), tingkat kunjungan pasien ke Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kabupaten Bantul mengalami peningkatan cukup drastis.

Bahkan, tahun 2014 yang lalu, peningkatan jumlah kunjungan pasien ke Puskesmas mencapai 70% dibanding tahun sebelumnya.

Kepala Puskesmas Pleret 1 dr Fauzan mengungkapkan, rata-rata dalam sehari ada 100 pasien umum yang datang memeriksakan diri ke Puskesmas. Padahal, di Puskesmas yang berada di Jalan Imogiri Barat itu hanya dilayani dua orang dokter.

"Sehingga, seringkali pasien harus menunggu cukup lama untuk mendapatkan layanan dari dokter. Terkadang saya harus turun menangani pasien,” ujarnya, kepada wartawan, Senin (2/3/2015).

Sebenarnya, pihak Puskesmas sedikit kewalahan melayani pasien, terutama ketika kunjungan sedang penuh. Dengan dua dokter yang ada dan beberapa kegiatan luar kantor, seperti kegiatan konsultasi ataupun seminar dan tugas lain juga menyita waktu.

Sementara, untuk mengangkat tenaga honorer, saat ini Bantul menghadapi moratorium penerimaan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Untuk itu, pihaknya berupaya untuk tetap memberi layanan maksimal kepada pasien yang berkunjung di Puskesmas.

"Sebenarnya, sejak lama pihak Puskesmas sudah mengajukan penambahan jumlah Sumber Daya Manusia (SDM), namun sampai saat ini belum ada jawaban sama sekali," jelasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7299 seconds (0.1#10.140)