Kiai Sepuh Ponpes Tebuireng Berpulang

Sabtu, 28 Februari 2015 - 04:04 WIB
Kiai Sepuh Ponpes Tebuireng Berpulang
Kiai Sepuh Ponpes Tebuireng Berpulang
A A A
SURABAYA - Suasana duka menyelimuti Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng, di Desa Cukir, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang.

Pasalnya, seorang kiai sepuh di ponpes tersebut berpulang. Dia adalah KH Ishaq Latief. Sebelum meninggal Kiai Sepuh ini sempat dirawat di RSUD Jombang, Kamis (26/2/2015) malam.

Informasi yang dihimpun, kiai yang dikenal dengan pakar Bahasa Arab ini meninggal Jumat (27/2/2105), sekitar 11.45 WIB. Kabar tersebut tersebar melalui broadcast pengguna jejaring sosial Blackberry Mesenger (BBM).

Ketua Pengurus Cabang (PC) Ansor Jombang Zulfikar Damam Ikhawanto mengatakan, Kiai Ishaq Latief merupakan sosok kiai yang sangat konsisten dan istiqomah. Bahkan, sudah puluhan tahun mengajar di Ponpes Tebuireng dengan berbagai keilmuan yang dimilikinya.

"Beliau ini orang yang istiqomah. Di usia yang sangat sepuh ini beliau masih konsisten mengajar dan dekat dengan kalangan santri-santri beliau," kata Zulfikar saat dihubungi Okezone.

Istiqomah dalam mengajarkan ilmu ini terlihat seluruh hidupnya digunakan untuk mengabdikan diri kepada pesantren yang didirikan oleh Hadarotusy Syaikh KH Hasyim 'Asy'ari ini.

Sudah ribuan santri di Tebuireng yang berhasil menyerap ilmu dari Kiai Ishaq ini. Tak hanya itu, Kiai Ishaq juga memiliki pengajian rutin yang dikenal dengan pengajian Reboan.

"Pengajian ini diikuti masyarakat. Kami selaku generasi muda NU sangat kehilangan sosok kiai sepuh seperti beliau," sebutnya.

Selain santri dan alumni Ponpes Tebuireng yang kehilangan, sejumlah pengguna jejaring sosial juga menyatakan turut berduka cita atas meninggalnya kiai tersebut. Kontan saja foto KH Ishaq Latief serta postingan berduka cita juga mewarnai aktivitas sosial media.
(lis)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7665 seconds (0.1#10.140)
pixels