Protes Australia, Wartawan Surabaya Aksi Galang Koin

Kamis, 26 Februari 2015 - 07:10 WIB
Protes Australia, Wartawan...
Protes Australia, Wartawan Surabaya Aksi Galang Koin
A A A
SURABAYA - Puluhan wartawan di Surabaya yang tergabung dalam Aliansi Wartawan Surabaya (AWAS) menggelar aksi galang uang receh untuk memprotes pernyataan Perdana Menteri Australia Tony Abbot yang mengungkit bantuan Tsunami Aceh tahun 2014.

Aksi keprihatinan yang digelar di depan Gedung Negara Grahadi ini cukup menarik perhatian sejumlah pengguna jalan yang melintas, di Jalan Gubernur Suryo, Surabaya.

Menurut Koordinator Aksi Tudji Martudji, aksi yang digelar oleh puluhan awak media ini merupakan spontanitas menyikapi polemik tersebut. Aksi ini, kata Tudji juga bentuk kritik kepada Australia asal bicara dalam mengkritik hukuman mati.

"Ini aksi spontan oleh kawan-kawan wartawan. Mereka menyikapi yang diluar batas dan tidak sepatunya dilakukan," kata Tudji, kepada wartawan, Rabu (25/2/2015).

Dalam aksi tersebut, puluhan wartawan mengusung sejumlah poster yang berisikan kecaman serta kritik terhadap pelecehan yang dilakukan Australia. Tak hanya itu, mereka juga membawa tiga kardus untuk tempat koin bagi pengguna jalan.

"Uang koin yang kita kumpulkan ini sebagai simbol untuk menjawab hinaan Abbot, tidak pantas dia mengucapkan kalimat tersebut," tambahnya.

Tudji juga mengatakan, rencananya uang hasil aksi ini akan di bawa ke SD Muhammadiyah, Jalan Demak Surabaya. Dari tempat tersebut akan digabungkan dengan gerakan massal koin di sejumlah wilayah di Indonesia.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2685 seconds (0.1#10.140)