Pelihara Ikan Pakai Limbah Toilet

Rabu, 18 Februari 2015 - 10:51 WIB
Pelihara Ikan Pakai Limbah Toilet
Pelihara Ikan Pakai Limbah Toilet
A A A
PALEMBANG - Terobosan baru kembali dilakukan SMKN 2 Palembang. Kali ini mereka memanfaatkan limbah toilet yang kerap mubazir untuk mengisi kolam pemeliharaan ikan. Menggunakan water treat ment yang sederhana, teknik ini mampu membuat air limbah aman dari polusi sehingga ikan yang dipelihara di dalam kolam bisa tetap hidup dan tidak keracunan.

Kepala Sekolah (Kasek) SMKN 2 Palembang Ernawati mengatakan, sebagai sekolah yang menyandang predikat sekolah berbudaya lingkungan pihaknya berkomitmen terhadap sanitasi di sekolah mulai dari pengolahan limbah padat dan cair nya. “Kalau dahulu lihat parit jijik sekarang tidak lagi.

Bahkan ikan-ikan sudah bisa hidup dan ada yang sudah panen ikan,” terangnya. Ernawati berharap, dengan pengolahan limbah secara sederhana dan konsisten ini bisa ditularkan ke sekolah lain. Yudha Sadewa, siswa kelas 10 Mekatronika menjelaskan Di parit selebar setengah meter itulah proses water treat ment dilakukan secara sederhana.

Air dari limbah toilet bekas sabun, odol, air seni atau deterjen lain nya ditampung dalam water treat ment. “Tahapnya kita lakukan pembersihan kotoran, dengan pengendapan serta penyaringan kotoran. Kemudian kita netralisasi,” ungkap Yudha.

Sierra syailendra
(bhr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5639 seconds (0.1#10.140)